//]]> Mengenal Masjid Al-Falah Sragen Dengan Fasilitas Yang Ramah Terhadap Musafir Dan Jamaah - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

January 30, 2023
Mengenal Masjid Al-Falah Sragen Dengan Fasilitas Yang Ramah Terhadap Musafir Dan Jamaah

Spirit Muslim. Masjid sejatinya merupakan "rumah Allah" dimana kita sebagai umat Muslim dianjurkan untuk memakmurkannya dengan beragam cara, mulai dengan berjamaah bersama hingga mengisi masjid dengan berbagai kajian kitab-kitab agama. Ada salah satu masjid dimana masjid ini benar-benar menerapkan konsep masjid yang ramah terhadap para musafir dan para jamaahnya, masjid tersebut adalah masjid Al-Falah yang terletak di Jl. Sukowati, Sragen, Jawa Tengah.

Hotel Kapsul Untuk Para Musafir Menginap

Masjid Al-Falah ini terkenal akan pelayanannya kepada jamaah terutama kepada para Musafir (orang yang sedang dalam perjalanan), dimana para Musafir diberikan fasilitas istimewa layaknya hotel berbintang. Pintu masjid ini selalu terbuka selama 24 jam penuh, siapa saja yang hendak bermalam atau menginap di masjid Al-Falah ini akan disediakan kasur untuk beristirahat. Hingga saat ini sudah terdapat kasur sejumlah 55 buah yang dapat dimanfaatkan para musafir untuk beristirahat, bahkan juga disediakan semacam ruangan berbentuk seperti hotel kapsul persegi untuk tempat tidur para Musafir. Kapsul tempat tidur ini terbuat dari bahan Harplex setebal 2 cm dengan panjang 2 m dengan kasur sebagai alas untuk istirahat.


Para Musafir yang hendak menginap di masjid Al-Falah pun juga diberikan makanan dan minuman secara gratis atau cuma-cuma, jika bermalam lebih dari 3 hari maka harus lapor kepada pengurus masjid atau Takmir masjid Al-Falah. Pengurus masjid pun juga tidak pernah menegur orang-orang yang rebahan atau anak-anak yang bermain dan berteriak di masjid, pengurus masjid membiarkannya agar mereka semakin cinta dengan suasana masjid yang "ramah" sehingga mereka merasa nyaman dan tidak pernah bosan untuk mengunjungi masjid Al-Falah ini. Selain itu di masjid ini juga dilengkapi dengan area wi-fi gratis yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, diharapkan dengan adanya wi-fi gratis ini para jamaah yang datang terutama para pemuda yang singgah di masjid ini semakin betah berada di masjid.

Program Warung Makan Rakyat

Masjid Al-Falah Sragen ini juga meluncurkan program Warung Makan Rakyat, dimana program ini selalu menyediakan makanan gratis untuk jamaah dan semua musafir yang berkunjung. Dalam program tersebut, setiap hari disediakan 100 porsi makan gratis bagi jamaah. Pada hari Senin dan Kamis, makan gratis disediakan menjelang maghrib. Sedangkan hari lainnya setelah Dzhuhur. Khusus Ahad, makan gratis disediakan dua kali yakni bakda subuh dan zhuhur.  Prinsip melayani umat dalam hal makan-makan ini akhirnya dijuluki masjid 3 M ( Makan Makan Makan). Banyak pemulung, tukang becak dengan pakaian lusuh makan setiap hari datang dan sarapan di masjid ini, disini juga disediakan teh dan jahe, boleh diambil oleh siapa saja.

Untuk keamanan dan kebersihan masjid pun juga terjamin, setiap malam ada petugas kebersihan yang merapikan kasur. Keamanan pun dijaga petugas keamanan dengan shift siang dan malam dilengkapi dengan bantuan kamera CCTV. Selain itu masjid ini juga memiliki website yang dikelola secara profesional yang dapat diakses melalui situs masjidrayaalfalah.or.id. Disana kita dapat melihat berbagai macam hal mengenai masjid ini mulai dari kegiatan rutin, fasilitas masjid, kajian-kajian, hingga beberapa artikel yang bermanfaat.

Konsep pelayanan Masjid ini sebenarnya terinspirasi dari masjid Jogokariyan di Yogyakarta yang menerapkan prinsip menghabiskan kas masjid hingga 0 rupiah untuk kepentingan jamaah, bahkan para Takmir masjid Al-Falah ini pernah belajar manajemen di masjid Jogokariyan ini, namun yang membedakannya masjid Al-Falah bahkan tidak hanya menghabiskan kas masjid sampai 0 rupiah namun sempat pada beberapa waktu hingga minus sampai 100 juta rupiah demi memakmurkan masjid Al-Falah ini.

Salah Satu Petugas Masjid Al-Falah Sragen

Masjid Al-Falah memiliki lebih dari 35 Karyawan yang di gaji secara profesional. Terdiri dari petugas Keamanan 5 personil, petugas kebersihan 6 personil dan Brigade Bersih Masjid 5 Personil dan semua Karyawan tersebut di gaji setara UMK. Di samping itu masih ada lagi beberapa divisi yang ada di masjid ini seperti tim IT, pengelola BUMM (Badan Usaha Milik Masjid) dan juga beberapa pos managerial.

Dari masjid Al-Falah ini kita belajar bahwa masjid harus menjadi solusi bagi umat, jangan sampai ada orang yang kelaparan sementara masjid terbangun megah. Konsep masjid semacam ini juga akan semakin mempercepat perputaran infaq dan shadaqah para jamaah sehingga akan mempercepat pahala orang-orang yang berinfaq maupun bershadaqah karena uang tersebut langsung dibelanjakan untuk kepentingan umat, bukan ditabung dan ditumpuk sehingga menghambat perputaran infaq dan shadaqah tersebut.

0 comments:

Post a Comment