//]]> Sejarah Awal Mula Masjid Al-Falah Sragen Menjadi Masjid yang Ramah Terhadap Musafir dan Jamaah - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

January 31, 2023
Sejarah Awal Mula Masjid Al-Falah Sragen Menjadi Masjid yang Ramah Terhadap Musafir dan Jamaah

Spirit Muslim. Masjid raya Al-Falah di Sragen kini kembali menjadi sorotan netizen di media sosial, pasalnya masjid ini memiliki program-program unggulan yang sangat bermanfaat dan ramah terhadap para musafir dan para jamaah lain, seperti pengadaan hotel kapsul sebagai tempat menginap para musafir, kas masjid dimanfaatkan untuk kepentingan jamaah hingga minus, sampai program warung makan rakyat yang gratis untuk para jamaah dan para musafir yang singgah di masjid Al-Falah tersebut.

Keberhasilan masjid Al-Falah membangun program-program ini tidak serta merta langsung tersusun sedemikian rupa, akan tetapi terdapat sejarah serta kisahnya tersendiri. Masjid Raya Al-Falah pertama kali didirikan di atas tanah pemberian dari PG Mojo Sragen di tahun 1956. Takmir masjid yang ditunjuk saat itu adalah para aktifis Muhammadiyah Sragen dengan memberikan nama Masjid Al-Ittihad.


Pada tahun 1960-an Masjid Raya Al-Falah mengikuti lomba manajemen masjid tingkat provinsi yang diadakan Pemerintah Kabupaten Sragen, sehingga kepemilikan tanah masjid dibalik nama menjadi milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sragen. Tahun 2000 lewat SK Bupati H.R Bawono memutuskan bahwa pemakmuran Masjid Raya Al-Falah diberikan kepada Pimpinan Daerah Muhammadiyah Sragen selaku penanggung jawab pemakmuran masjid, SK tersebut menunjuk bapak Drs. H. Sauman sebagai ketua takmir.

Program Makan Gratis di Masjid Al-Falah

Pada Tahun 2015 terjadi pembaharuan SK Takmir Masjid Raya Al-Falah Sragen dengan menunjuk bapak Kusnadi ikhwani sebagai ketua takmir dan didukung oleh tokoh muda muhammadiyah yang mencintai masjid. Sejak kepengurusan Takmir diserahkan kepada bapak Kusnadi Ikhwani, masjid ini mulai berbenah dengan memberikan berbagai macam fasilitas kepada para jamaah, terutama kepada para musafir yang sedang kemalaman di jalan agar bisa beristirahat di masjid Al-Falah ini.

Program melayani jamaah ini berawal pada 2016 ketika bapak Kusnadi Ikhwani ditunjuk menjadi ketua Takmir masjid. Sebelumnya, masjid tersebut ditutup pada malam hari. Selain itu, beberapa layanan belum ada. Kemudian bapak Kusnadi mempunyai prinsip Takmir itu melayani agar jamaah yang datang ke Al-Falah senang dan nyaman sehingga masjid selalu dirindukan. Mulai sejak itu sedikit demi sedikit Takmir masjid Al-Falah mulai mengadakan berbagai program-program yang bermanfaat untuk para jamaah dan para musafir, diantaranya:

1. Menghabiskan saldo kas masjid untuk kepentingan umat
2. Menyediakan Buka puasa dan sahur ramadhan 2000 porsi
3. Menyediakan Buka Puasa Senin dan Kamis
4. Minuman Gratis Selalu tersedia untuk jamaah
5. Memberangkatkan Umroh bagi jamaah shalat tarawih yang paling rajin
6. Layanan Brigade Bersih Masjid yang melayani pembersihan Masjid-masjid sekitar Sragen
7. Menggaji Seluruh Karyawan (Abdi Dalem Masjid)
8. Memberikan Hadiah Sepeda Motor bagi jamaah sholat subuh paling rajin
9. ATM beras untuk kaum dhuafa
10. Mengganti barang yang hilang didalam masjid
11. Parfum Gratis selalu tersedia
12. Penitipan barang Gratis dan ada petugas jaganya
13. Pemberdayaan PKL sekitar Masjid
14. Makan Gratis Setelah Kajian Subuh Ahad
15. Streaming Kajian di medsos Masjid Raya Al-Falah Sragen
16. Layanan EO Wedding / Pernikahan
17. Mendirikan Badan Usaha Milik Masjid (BUMM)

0 comments:

Post a Comment