//]]> BIOGRAFI HABIB ALI ZAINAL ABIDIN ASSEGAF (HABIB BIDIN) - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

November 11, 2022

Spirit Muslim. Salah satu ulama yang akhir-akhir ini menjadi sorotan tanah air adalah beliau Habib Ali Zainal Abidin atau lebih familiar dengan sebutan Habib Bidin. Beliau dikenal di seluruh nusantara berkat keberhasilan beliau dalam memimpin majelis shalawat pimpinannya yang bernama Az-Zahir. Kiprah beliau dalam majelis shalawat pun semakin bersinar tatkala beliau mengubah syair lagu "Joko Tingkir" menjadi syair pujian, karena seperti yang kita tahu bahwa syair Joko Tingkir sebelumnya identik dengan pelecehan dan terkesan merendahkan, padahal Joko Tingkir merupakan seorang raja, ulama sekaligus waliyullah pada masanya.

Tidak hanya itu saja, suara khas Habib Bidin yang mirip dengan suara Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf nyatanya mampu membuat jama'ah semakin bersemangat dalam melantunkan shalawat. Lantas seperti apa profil dan biografi Habib Ali Zainal Abidin Assegaf ini ? berikut Spirit Muslim akan merangkum dan menjelaskannya secara lengkap.

NASAB HABIB BIDIN

Habib Ali Zainal Abidin Assegaf Bin Segaf Bin Al-Quthb Habib Abu Bakar Assegaf (Gresik) Bin Muhammad Bin Umar Bin Abu Bakar Bin Imam Wadi Al-Ahqaf Umar Bin Segaf Bin Muhammad Bin Thoha Bin Umar Ash-Shofi Bin Abdurrahman Bin Muhammad Bin Ali Bin Abdurrahman Assegaf Bin Muhammad Mauladdawilah Bin Ali Bin Alwi Al-Ghuyur Bin Muhammad Al-Faqih Muqoddam Bin Ali Bin Muhammad Shahib Mirbath Bin Muhammad Kholiq Qhasam Bin Alwi Bin Muhammad Bin Alwi Bin Ubaidillah Bin Ahmad Al-Muhajir Bin Isa Bin Muhammad An-Naqib Bin Ali Al-'uraiddi Bin Ja'far As-Shodiq Bin Muhammad Al-Baqir Bin Ali Zaenal Abidin Bin Husein Bin Ali Bin Abu Thalib Suami Fatimah Az-Zahra Binti Rasulullah Shalallahu Alaihi Wassalam.

BIOGRAFI HABIB BIDIN

Nama Lengkap: Ali Zainal Abidin Assegaf
Kelahiran: 20 September 1977
Orang tua: Habib Segaf Assegaf

Habib Ali Zainal Abidin atau akrab dipanggil Habib Bidin lahir pada 20 September 1977, beliau merupakan salah satu ulama mahsyur di daerah Pekalongan sekaligus menantu dari Habibana Habib Lutfi Bin Ali Bin Hasyim Bin Yahya, atau lebih dikenal dengan panggilan Habib Lutfi. Habib Bidin sendiri memiliki nasab mulia hingga sampai pada Rasulullahh S.A.W bahkan salah satu kakeknya yakni Habib Abu Bakar Assegaf merupakan seorang wali Quthub. Wali Quthub merupakan wali paripurna, wali agung, mereka hanya ditemukan satu kali di setiap zaman dimana mereka berperan untuk menjelaskan rahasia hakikat illahiyyah.


Ayah Habib Bidin bernama Habib Segaf Assegaf, beliau adalah orang yang paling berjasa dalam penyebaran seni gambus di Indonesia. Hal tersebut sebagaimana dituturkan oleh Habib Bidin ketika disowani (dikunjungi) oleh Kyai Nanal Ainal Fauz. Ayah beliau juga terkenal dengan keshalehannya. Setiap selesai main gambus, bayaran yang didapat dari main gambus tersebut akan langsung dibelikan kitab oleh ayah beliau. "Abah saya dulu ahli kitab. Hobi beliau adalah mengkoleksi banyak kitab. Saking banyaknya, hingga penyekat ruang tamu antar laki-laki dan perempuan adalah dengan rak lemari kitab. Padahal ruang tamunya luas." Begitu tutur Habib Bidin. "Jadi berangkat nggambus, pulangnya bawa kitab. Abah main gambus hanya untuk menutupi keshalehannya. Para kiai dan habaib pun tahu soal ini." pungkasnya

0 comments:

Post a Comment