April 22, 2017




Spirit Muslim. Siwak atau miswak adalah dahan atau akar pohon Arok Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut. Pohon ini dinamakan juga dengan phon Iro Pohon ini banyak tumbuh dikawasan Semenanjung Arab serta daerah-daerah kering lainnya di Asia dan Afrika. Pohon Arak memiliki ukuran pohon yang kecil seperti belukar dengan batang yang bercabang-cabang. Apabila kulitnya dikelupas, warnanya agak keputihan dan memiliki banyak juntaian serat. Akarnya berwarna cokelat dan bagian dalamnya berwarna putih. Memiliki aroma seperti seledri dengan rasa yang agak sedikit pedas. Istilah Siwak juga digunakan untuk pembersih gigi yang berasal dari ranting pohon lainnya seperti Zaitun atau sejenis pohon Sambur.
Mayoritas orang-orang di negara-negara muslim menggunakannya untuk menyikat gigi sehari-hari. Siwak sangat baik digunakan untuk mencegah penyakit gusi. Selain itu bersiwak juga merupakan sunnah Nabi Muhammad S.A.W yang kita laksanakan sebagai bukti kecintaan kita terhadap ajaran yang beliau bawa. Lalu seperti apakah manfaat Siwak dalam pandangan Islam serta kajian ilmu kesehatan dan medis, berikut penjelasan legkapnya.


1. Manfaat Siwak Dalam Pandangan Islam.

Dalam hadits nabi bersabda mengenai anjuran siwak ini, " Siwak membersihkan gigi, dan ini menyenangkan Allah. Setiap kali Jibril mengunjungiku dia menyuruhku menggunakan siwak hingga aku pun khawatir bbahwa menggunakan siwak diwajiibkan. Seandainya tidak khawatir bahwa menggunakan siwak diwajibkan. Seandainya tidak khawatir akan membebani (merepotkan) umatku, aku akan mewajibkannya". (H.R. Bukhari dan Muslim). 

Selain itu dalam hadits lain diriwayatkan "Siwak adalah pembersih mulut, sesuatu yang membuat Allah ridha". (H.R. Ahmad).

Seseorang yang memakai Siwak sebelum melaksanakan ibadah memiliki keutamaan tersendiri dibanding tanpa menggunakan Siwak. diantaranya,

  1. Satu kali tasbih kepada Allah dengan diawali Siwak, maka dihitung 70 kali bertasbih.
  2. Shalat dengan diawali dengan Siwak akan dihitung 70 kali shalat.
  3. Dua kali rakaat shalat tahajjud diawali dengan Siwak, maka dihitung 140 kali rakaat tahajjud.
Siwak juga merupakan toleransi yang diberikan bagi kita yang berpuasa untuk dapat memakainya di siang hhari tanpa merusak ibadah puasa kita. Didalam Shahih Bukhari dari sahabat Amir Rabiah r.a berkata, "Saya melihat Nabi Shallallhu'alaihi wa sallam membersihkan gigi beliau dengan siwak ketika beliau berpuaasa, berulang kali hingga saya tidak bisa menghitungnya".

Dalam kitab Thibbun Nabawi yang disusun oleh Ibnu Al-Qayyim dijelaskan bahwa Siwak memiliki beberapa manfaat, antara lain:
  1. Membersihkan mulut.
  2. Membersihkan gusi.
  3. Menjernihkan otak.
  4. Mencegah pendarahan gigi.
  5. Menguatkan penglihatan.
  6. Menyehatkan pencernaan.
  7. Mencegah gigi berlubang.
  8. Menjernihkan suara.
  9. Membantu proses pencernaan.
  10. Menggiatkan bacaan.
  11. Memperlancar saluran nafas.
  12. Menahan tidur.
  13. Mendatangkan ridhla Allah.
  14. Dikagumi malaikat.


2. Manfaat Siwak dari Sisi Medis.

Berbagai uji coba telah banyak dilakukan dalam upaya untuk mengetahui manfaat dari kayu Siwak ini, sehingga pada akhirnya ditemukanlah fakta ilmiah bahwa siwak mengandung mineral-mineral alami yang dapat membunuh bakteri, menghilangkan plak, mencegah gigi berlubang, dan lain sebagainya.


  • Mencegah infeksi, membunuh bakteri, dan menghentikan pendarahan pada gusi.
Antibacterial Acid yang terdapat pada Siwak berfungsi untuk membunuh bakteri, mencegah infeksi, dan menghentikan pendarahan pada gusi. Dalam suatu penelitian ditemukan bahwa penggunaan satu kali siwak dapat membunuh 80% bakteri pada mulut. Pada penggunaan Siwak pertama kali, akan terasa pedas dan sedikit membakar mulut. Ini karena didalam Siwak terdapat kandungan serupa Mustard yang merupakan substansi Antibacterial Acid tersebut.
  • Membersihkan dan menyehatkan gigi dan gusi.
Kandungan kimia seperti Klorida, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silica, Sulfur, Vitamin C, Trimethylamine, Salvadorine, Tannis dan beberapa mineral lainnya berfungsi untuk membersihkan gigi hingga meeyehatkan gigi dan gusi. Klorida bermanfaat untuk menghilangkan noda pada gigi. Silica berfungsi untuk memutihkan gigi. Fluoride mencegah karies gigi dan memperkuat lapisan email gigi. Vitamin C membantu penyembuhan, merekatkan luka gusi adan memperbaii jaringan gusi. Bahan-bahan kimia yang terkandung dalam Siwak ini sering diekstrak sebagai bahan campuran pasta gigi.
  • Menyegarkan nafas.
Didalam siwak terdapat kandungan minyak yang beraroma alami dengan dengan rasa dan bau yang segar. Kndungan inilah membuat mulut menjadi harum serta menghilangkan bau tak sedap bagi pemakainya.

  • Mencegah Meningitis.
Bakteri S. Trigunirus merupakan bakteri penyebab Meningitis (peradangan selaput otak) dan termasuk bakteri yang hidup didalam rongga mulut. Ketika terjadi pendarahan secara spontan pada gusi maka bakteri ini dapat masuk kedalam pembuluh darah dan jika terbawa hingga ke otak maka berpotensi terjangkit Meningitis. Salah satu fungsi siwak dalam hal ini adalah sebagai antibakteri yang dapat menghambat bakteri menuju ke otak.
  • Mencegah kanker.
Hasil riset dari beberapa penelitian menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam siwak dapat menghalangi aktivitas sel kanker dalam tubuh. Studi ilmiah yang diakukan di Pakistan pada tahun 1981 terhadap berbagai jenis siwak menghasilkan bahwa didalam siwak mengandung zat-zat yang mampu mencegah tumbuhnya kanker. Uji coba terhadap kandungan siwak juga pernah dilakukan oleh balai kesehatan nasional untuk mengetahui seberapa jauh aktivitas zat-zat siwak dalam melawan penyakit kanker. Dari hasil uji coba tersebut didapatkan bahwa didalam siwak terdapat komposisi zat kimiawi yang dapat mencegah tumbuhnya berbagai macam sel kanker.
  • Mencegah Demensia (Pikun).
Hasil penelitian yang dilakukan oleh New York University menyebutkan bahwa salah satu penyebab Alzheimer adalah dipicu oleh radng gusi. Radang gusi dipicu oleh penumpukan plak dan kebersihan mulut yang buruk. Salah satu cara untuk terhindar dari penyakit tersebut adalah dengan rajin membersihkan gigi. Alternatif yang sangat dianjurkan adalah dengan Siwak karena Siwak sudah terbukti bermanfaat mencegah peradangan pada gusi.
  • Menambah nafsu makan.
Didalam Siwak terdapat zat yang bernama Anthraliton. Zat ini selain ermanfaat untuk membersihkan mulut juga bermanfaat untuk menambah nafsu makan serta memperlancar gerakan usus pada perut.

0 comments:

Post a Comment