April 09, 2020


Spirit Muslim. Wali sembilan (sembilan wali) atau biasa disebut Walisongo merupakan sosok para wali yang berjumlah 9 yang cukup berpengaruh dalam penyebaran Islam di Indonesia, khususnya pulau jawa. Cara dakwah walisongo dengan menyesuaikan diri dengan berbagai adat di pulau jawa nyatanya mampu diterima dengan baik oleh masyarakat penduduk jawa sehingga Islam mampu menyatu dan tersebar di berbagai daerah di pulau Jawa. 

Sosok Walisongo tidak lepas dari berbagai cerita-cerita serta kisah-kisah menakjubkan ketika mereka berjuang menyebarkan agama Islam. Allah S.W.T menganugrahkan mereka dengan berbagai Karomah yang tidak dimiliki oleh manusia pada umumnya. Karomah merupakan sebuah perkara diluar kebiasaan dan nalar manusia yang dianugrahkan Allah S.W.T kepada para wali sebagai bentuk bantuan, dukungan, serta peneguhan dalam menyebarkan syariat Islam.

Kehebatan karomah inilah yang sering diceritakan oleh orang-orang sebagai tanda bukti bahwa Walisongo adalah wali utusan Allah S.W.T. Melalui karomah yang menakjubkan ini pula para Walisongo mengemban tugasnya melakukan syiar serta dakwah Islam dengan berbagai ujian serta cobaan hingga pada akhirnya Islam mampu berkibar di tanah Jawa. Lantas seperti apa saja karomah atau kehebatan para walisongo yang menakjubkan ini ? Berikut penjelasan selengkapnya.

1. Sunan Gresik (Syekh Maulana Malik Ibrahim).
Sunan Gresik merupakan seorang wali yang menyebarkan agama Islam pada masa kerajaan Majapahit dimana makam beliau berada di Gresik. Diantara karomah yang beliau miliki antara lain: Mengubah beras menjadi pasir untuk mengingatkan saudagar kaya yang kikir, mempunyai keampuhan menurunkan hujan dengan perantara Shalat Istisqa’, doa-doanya mujarab untuk mengobati berbagai macam penyakit.

2. Sunan Ampel (Syekh Asmoroqondi).
Sunan Ampel merupakan putra dari sunan Gresik dengan peninggalan utamanya Masjid Agung Demak. Diantara karomah yang beliau miliki diantaranya: Dapat berjalan diatas air, menghidupkan mbah Sholeh (marbot masjid).

3. Sunan Giri (Raden Paku).
Sunan Giri dikenal dikenal dengan berbagai nama diantaranya Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden Ainul Yaqin, dan Joko Samudro. Sunan Giri adalah pendiri kerajaan Giri kedaton dan dianugrahi Allah S.W.T dengan beberapa karomah, diantaranya: menyadarkan Begawan Minto dengan adu kesaktian, memasukkan pasir ke kapal dan berubah menjadi barang dagangan, memetik buah delima hanya dengan memandang saja, menghunuskan keris dari sarungnya dan keluar pasukan lebah untuk menyerah pasukan Majapahit, mengubah pasir menjadi beras, mengubah kerikil menjadi mutiara.

4. Sunan Bonang (Raden Maulana Makdum Ibrahim).
Sunan Bonang merupakan salah satu wali Allah S.W.T yang terkenal akan caranya dalam berdakwah menyebarkan agama Islam, seperti melalui media wayang, sastra, hingga tembang Tombo Ati. Namun dibalik cara beliau berdakwah, beliau juga memiliki karomah khusus yang menunjukkan kewaliannya, yakni: Mengalahkan musuh dengan gending dan tembang tanpa menyentuh musuhnya, mengubah pohon aren menjadi emas, peci Sunan Bonang mampu mengeluarkan jutaan senjata yang mengamuk menghantam pasukan majapahit.

5. Sunan Drajat (Raden Qasim).
Sunan drajat menyebarkan Islam di tanah jawa salah satunya dengan menciptakan tembang Macapat Pangkur. Sunan Drajat adalah putra dari Sunan Ampel sekaligus bersaudara dengan Sunan Bonang. Diantara karomah yang beliau miliki yakni: memindahkan Masjid dalam waktu semalam, menyadarkan orang dengan tembang dan gamelan, memancarkan air dari lubang bekas umbi yang menjadi sumur abadi, membuat pohon siwalan menunduk untuk diambil buahnya.

6. Sunan Kalijaga (Raden Abdurrahman).
Sunan Kalijaga memiliki beberapa julukan masyhur, diantaranya Raden Said, Lokajaya, Syekh Malaya, Pangeran Tuban, dan Raden Abdurrahman. Beliau berdakwah di tanah Jawa dengan menciptakan berbagai karya seperti tembang lir ili, gundul-gundul pacul, serta beberapa kesenian lain. Beberapa karomah yang beliau miliki antara lain: mengubah gula aren menjadi emas, mengangkat tumor orang lain tanpa operasi, menghidupkan ayam tukung (ayam panggang tanpa brutu), menghidupkan ikan gurameh yang hanya tinggal tulangnya saja, bertemu dan berguru dengan nabi Khidr, mengubah tanah menjadi emas, memiliki baju taqwa yang dapat berubah-ubah warna sesuai dengan kesukaan orang yang memandangya, mengubah biji besi sebesar biji asam menjadi sebesar gunung.

7. Sunan Kudus (Sayyid Jafar Shadiq Azmatkhan).
Sunan Kudus merupakan seorang Wali Allah S.W.T yang pernah berguru pada sunan Kalijaga, dalam sejarah kehidupannya beliau pernah mendirikan Masjid di kudus yang sekarang dikenal dengan Masjid Agung Kudus. Diantara karomah yang beliau miliki adalah mampu menyembuhkan penyakit.

8. Sunan Muria (Raden Umar Said).
Sunan Muria adalah putra sunan Kalijaga yang turut ikut menyebarkan agama Islam di Kudus, Jawa tengah. Diantara karomah yang beliau miliki adalah: memiliki pelana kuda yang kerap digunakan masyarakat sekitar Gunung Muria untuk meminta hujan jika terjadi kekeringan di wilayah tersebut.

9. Sunan Gunung Jati (Syarif Hidayatullah).
Sunan Gunung Jati berdakwah pada masa kerajaan Padjajaran dimana beliau pernah mengadili Syekh Siti Jenar yang sesat, Karomah yang beliau miliki antara lain: berjalan diatas air, mengundang bala tentara untuk menyerang Majapahit, mengubah pohon menjadi emas, menyembuhkan penyakit.

0 comments:

Post a Comment