//]]> Mengenal Wan Sehan (Habib Syaikhon), Sosok Wali Majdub dengan Tingkahnya yang Aneh dan Nyeleneh - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

February 02, 2023
Mengenal Wan Sehan (Habib Syaikhon), Sosok Wali Majdub dengan Tingkahnya yang Aneh dan Nyeleneh

Spirit Muslim. Habib Syaikhon bin Musthofa Al-Bahar atau akrab dipanggil Wan Sehan merupakan salah satu sosok wali Majdub dengan tingkahnya yang nyeleneh dan berbeda dari kebanyakan orang pada umumnya. Karomah Wan Sehan ini sudah terkenal hingga ke seluruh nusantara, terlebih di daerah Jakarta sudah banyak sekali yang mengenal beliau sebagai sosok wali dengan karomah yang beliau tunjukkan, bahkan beberapa menjadi viral di berbagai media sosial. Wan Sehan kerap kali menunjukkan perilaku anehnya didepan khalayak umum seperti mengacak-acak buah-buahan saat acara maulid Nabi hingga membeli mobil Toyota Fortuner memakai daun.

Dalam tingkatan wali, tingkah semacam ini bukanlah hal yang aneh, justru dibalik tingkahnya yang dianggap aneh oleh orang awam terdapat hikmah serta pesan tersirat yang ingin disampaikan oleh Wan Sehan atau Habib Syaikhon ini. Sulit bagi orang awam untuk mencerna perilaku Wan Sehan ini, karena bisa dibilang tingkahnya terbilang random atau sulit untuk diprediksi.

Namun meskipun begitu kita tidak bisa menganggap remeh Wan Sehan sebagai wali Majdub karena beliau merupakan salah satu sosok wali, dimana seorang wali terkenal akan kedekatannya dengan Allah S.W.T. Setiap perkataan dan apa yang terbesit dalam hatinya menjadi Mustajab atau mudah dikabulkan oleh Allah S.W.T. Lantas seperti apa sosok Wan Sehan ini sebagai seorang wali Majdub ? Berikut Spirit Muslim akan membagikannya kepada sahabat.


ARTI WALI MAJDUB

Arti Wali Majdub

Istilah Majdub atau Majdzub atau Jadzab secara bahasa memiliki arti tertarik, terhisap, dan tenggelam. Secara istilah wali Majdub bisa diartikan sebagai seseorang yang tenggelam atau tertarik dalam keasyikan cinta dan rindu terhadap Allah S.W.T, sehingga rasa cinta dan rindu yang sangat besar ini terkadang membuat seseorang menjadi lupa diri dan bahkan bertingkah aneh dan nyeleneh. Tingkah wali Majdub yang nyeleneh ini biasa disebut sebagai Jadzab.

Buya Yahya sendiri dalam ceramahnya pernah berkata, "Ada seorang hamba Allah yang diambil oleh Allah dalam kerinduan dan kecintaan, dan oleh Allah dimasukkan dalam lautan cinta. Sehingga yang ingat hanya Allah, Allah, Allah saja".


Wali Majdub ini pada dasarnya merupakan wali tingkat bawah, namun meskipun begitu setiap doa yang ia panjatkan insyaallah Mustajab (mudah dikabulkan). Wali Majdub ini juga terbilang sangat sulit diprediksi suasana hatinya, untuk itu para ulama memberikan nasehat kepada semua orang agar jangan meminta doa kepada wali Majdub, karena jika suasana hatinya sedang buruk bisa jadi doa tersebut justru membahayakan orang tersebut, yang perlu dilakukan cukup berkhusnudzan dan meng-aminkan doa dari wali Majdub ini dan jangan sampai meminta doa kepadanya apalagi sampai berguru kepadanya.


BEBERAPA KAROMAH WAN SEHAN (HABIB SYAIKHON)

Beberapa Karomah Wan Sehan (Habib Syaikhon)

Kisah seorang wali tentu tidak bisa lepas dari sebuah Karomah atau kelebihan yang dititipkan Allah S.W.T kepadanya. Karomah tersebut berbeda-beda sesuai dengan tingkatan wali. Karomah yang dimiliki oleh wali Majdub sendiri terbilang unik dan nyeleneh bahkan tidak jarang menimbulkan pertanyaan-pertanyaan dibenak orang-orang awam karena keanehan yang ditunjukkannya.

Wan Sehan sendiri merupakan salah satu wali Majdub yang dapat kita jumpai pada era ini. Tak jarang beliau kerap menunjukkan hal-hal diluar nalar dan akal sehat manusia normal. Salah satu Karomah beliau yang terkenal adalah bisa berpindah tempat dari satu tempat ke tempat lain dengan cepat. Bahkan beliau bisa hadir di dua tempat sekaligus secara bersamaan. Misalnya saja saat ada seorang kyai yang mengajak Wan Sehan untuk menghadiri Maulid nabi, beliau malah menyuruh kyai tersebut untuk berangkat terlebih dahulu, sesampainya disana kyai tersebut tiba-tiba mendapati Wan Sehan sudah terlebih dahulu berada di Majelis bahkan duduk didepan bersama para Habaib dan undangan lainnya.

Kisah Karomah Wan Sehan yang fenomenal berikutnya adalah ketika beliau membeli mobil Toyota Fortuner memakai daun, dimana saat itu beliau menyuruh ustadz Jaka Tingkir untuk mengambil daun dan memasukkannya kedalam koper. Wan Sehan kemudian menyuruh ustadz Jaka Tingkir untuk membeli mobil menggunakan daun yang ada dalam koper tersebut, sesampainya di dealer usadz Jaka Tingkir membuka koper tersebut dan daun tersebut berubah menjadi uang, lalu dibelilah mobil pesanan Wan Sehan tersebut.

Kisah yang tak kalah mengherankan adalah setelah Wan Sehan mendapatkan mobil tersebut, bukannya merawat mobil tersebut, beliau justru mencoret-coret mobil tersebut dengan cat Pylox warna-warni. Dalam tingkahnya yang tidak biasa tersebut, seolah-olah Wan Sehan (Habib Syaikhon) ingin menunjukkan kalau dunia sama sekali bukanlah hal yang patut untuk dibanggakan.

0 comments:

Post a Comment