//]]> Doa dan Salam Ketika Memasuki Areal Makam Atau Kuburan - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

January 10, 2023
DOA DAN SALAM KETIKA MEMASUKI AREAL MAKAM ATAU KUBURAN

Spirit Muslim. Pemakaman atau kuburan menjadi tempat peristirahatan terakhir bagi seluruh umat manusia yang telah meninggal. Meskipun sudah tiada lagi didunia ini namun keluarga dan kerabat si mayit akan mengunjungi dan berziarah ke makam tersebut untuk mendoakan si mayit agar selamat dan dijauhkan dari siksa kubur. Namun saat ziarah ke sebuah makam, baik itu makam kerabat atau keluarga kita dianjurkan untuk mengucapkan salam sekaligus sebagai bentuk doa kepada para ahli kubur.

Salam atau doa ini tidak hanya bermanfaat untuk para ahli kubur, lebih dari itu juga bermanfaat bagi orang-orang yang mengamalkannya, kelak orang yang senantiasa mengucapkan salam atau doa ini ketika memasuki areal pemakaman atau kuburan maka kelak saat ia meninggal tidak akan merasa asing di alam kubur karena para ahli kubur akan mengenalinya dan menyambutnya.  Adapun doa dan salam yang dapat kita ucapkan saat memasuki areal makam atau kuburan adalah sebagai berikut.


1. KALIMAT
السَّلامُ على أهْلِ الدّيارِ مِنَ المُؤْمنينَ وَالمُسْلمينَ وَيَرْحَمُكُمُ اللَّهُ المُسْتَقْدِمِينَ مِنْكُمْ وَمِنَّا وَالمُسْتأخِرِين وَإنَّا إنْ شاءَ اللَّه بِكُمْ لاحِقُونَ


2. TRANSLITERASI
Assalaamu ‘alaa ahlid diyaari minal mu’miniina wal muslimiina wa yarhamukumullahul mustaqdimiina minkum wa minnaa wal musta’khiriina wa innaa insyaa Allahu bikum laahiquun 

3. ARTI
"Assalamu’alaikum, hai para mukmin dan muslim yang bersemayam dalam kubur. Semoga Allah melimpahkan rahmat kepada mereka yang telah mendahului dan yang akan menyusul kalian dan [yang telah mendahului dan akan menyusul] kami.  Sesungguhnya kami insyaallah akan menyusul kalian".

0 comments:

Post a Comment