//]]> Manfaat Puasa Untuk Mengontrol Hipertensi, Diabetes, dan Kolesterol - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

November 29, 2022

Spirit Muslim. Dengan kompleksnya kehidupan manusia modern zaman sekarang membuat manusia mudah melakukan berbagai inovasi, tak terkecuali dalam bidang kuliner. Berbagai macam olahan makanan dan minuman yang tersedia saat ini nyatanya tidak hanya memberikan efek baik dan positif bagi kesehatan, justru terdapat efek samping lain yang dapat memperburuk kondisi kesehatan seseorang, baik jangka pendek maupun jangka panjang, seperti Hipertensi atau tekanan darah tinggi, Diabetes Mellitus atau kencing manis, hingga naiknya kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun Islam hadir dengan rahmat Allah S.W.T dimana, setiap penyakit pasti ada obatnya, Rasulullah S.A.W bersabda:

حَدَّثَنَا هَارُونُ بْنُ مَعْرُوفٍ وَأَبُو الطَّاهِرِ وَأَحْمَدُ بْنُ عِيسَى قَالُوا حَدَّثَنَا ابْنُ وَهْبٍ أَخْبَرَنِي عَمْرٌو وَهُوَ ابْنُ الْحَارِثِ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ جَابِرٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ لِكُلِّ دَاءٍ دَوَاءٌ فَإِذَا أُصِيبَ دَوَاءُ الدَّاءِ بَرَأَ بِإِذْنِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya:
Telah menceritakan kepada kami Harun bin Ma’ruf dan Abu Ath Thahir serta Ahmad bin ‘Isa mereka berkata: Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb: Telah mengabarkan kepadaku ‘Amru, yaitu Ibnu Al-Harits dari ‘Abdu Rabbih bin Sa’id dari Abu Az-Zubair dari Jabir dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda: “Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah ‘azza wajalla. (H.R. Muslim).

Salah satu obat mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit adalah dengan berpuasa. Kehadiran puasa bukan hanya sekedar ritual ibadah kepada Allah semata, namun lebih dari itu puasa memiliki berbagai hikmah besar yang tersembunyi didalamnya tidak terkecuali dalam segi kesehatan. Berikut Spirit Muslim akan menjelaskan bagaimana puasa mampu menyembuhkan penyakit kronis yang akhir-akhir ini banyak melanda manusia modern seperti Hipertensi atau tekanan darah tinggi, Diabetes atau kencing manis, hingga kolesterol. Dengan izin Allah S.W.T, insyaallah puasa dapat menyembuhkan berbagai penyakit tersebut.


PUASA UNTUK MENGATASI HIPERTENSI (TEKANAN DARAH TINGGI).


Hipertensi merupakan sebuah kondisi dimana jantung memompa darah dengan lebih cepat dari biasanya. Pada dasarnya Hipertensi atau tekanan darah yang tinggi dapat dipicu dari beberapa faktor berikut, mulai dari pola makan yang kurang sehat hingga rasa cemas dan emosi yang berlebihan. Pola makan yang dimaksud yakni mengkonsumsi makanan atau minuman secara berlebihan, seperti mengkonsumsi makanan yang berlemak, banyak mengandung garam, makanan cepat saji, hingga minuman yang berkafein.

Namun Allah S.W.T dengan rahmatnya yang begitu luas tidak serta merta menghadirkan suatu penyakit tanpa ada obatnya.Hingga saat ini cukup banyak obat maupun terapi yang dapat kita jumpai untuk mengatasi Hipertensi ini, namun obat yang paling mujarab yang diajarkan oleh Allah S.W.T dan Rasulullah S.A.W adalah dengan melakukan puasa. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa puasa memiliki berbagai manfaat dalam bidang kesehatan, salah satunya untuk mengatasi Hipertensi dan gejalanya. Ketika seseorang melakukan puasa maka perut akan kosong dimana pada saat itu berbagai enzim dan zat baik dalam pencernaan akan menjadi detoksifikasi alami tubuh untuk meredakan gejala Hipertensi. Selain itu puasa juga merupakan alternatif terbaik untuk menjaga pola makan seseorang agar ia tidak menerima asupan makanan secara berlebihan yang akan memperburuk kondisi penderita Hipertensi.

Puasa juga merupakan sarana untuk meredam dan mengontrol rasa cemas dan emosi yang berlebihan dimana hal tersebut merupakan salah satu pemicu gejala Hipertensi. Seperti yang kita tahu bahwa saat puasa seseorang akan lebih mudah mengontrol emosi karena saat puasa seseorang dianjurkan untuk tidak menuruti hawa nafsunya termasuk ego dan emosi sesaatnya.


PUASA UNTUK MENGATASI DIABETES (KADAR GULA BERLEBIH DALAM DARAH).


Didalam sel darah seseorang terdapat sebuah senyawa Glukosa yang mengalir bersama aliran darah seseorang dimana kadar Glukosa dalam darah tersebut dikontrol oleh organ tubuh yang bernama Pankreas dengan mengeluarkan senyawa bernama Insulin. Ketika kinerja Pankreas terganggu maka Glukosa dalam darah tidak terserap dengan baik dan akan menumpuk dalam darah seseorang sehingga menimbulkan penyakit kadar gula berlebih dalam darah atau biasa disebut Diabetes.

Penyebab Diabetes sendiri pada dasarnya karena 2 hal, yakni gaya hidup yang kurang sehat dan faktor genetika (keturunan). Gaya hidup yang kurang sehat misalnya mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi, jika hal demikian terus menerus terjadi maka potensi terjadinya Diabetes semakin tinggi. Seperti yang kita tahu bahwa pesatnya perkembangan dunia saat ini membuat kita cukup sulit untuk menghindari makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Salah satu solusi ampuh mengatasi Diabetes adalah dengan melakukan puasa. Dengan puasa maka kadar gula dalam darah seseorang dapat dikontrol dan ditekan semaksimal mungkin karena saat puasa asupan makanan dan minuman menjadi terbatas sehingga celah untuk mengkonsumsi makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi dapat dihindari. Meskipun puasa diklaim mampu menurunkan kadar gula dalam tubuh, sebaiknya saat berbuka tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula dengan jumlah banyak, agar Diabetes dapat dikontrol dengan maksimal.


PUASA UNTUK MENGONTROL KADAR KOLESTEROL.


Koleseterol dalam batas normal pada dasarnya akan berdampak baik pada tubuh, seperti melindungi kulit dari racun hingga membentuk sejumlah hormon tertentu. Namun sebaliknya jika kadar Kolesterol dalam tubuh seseorang berlebih maka akan berbahaya untuk kesehatan seseorang yang akan memicu penyakit berantai, seperti Stroke hingga serangan jantung. Kadar Kolesterol tinggi juga disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang kurang sehat juga. Seperti mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol tinggi seperti udang-udangan hingga makanan yang mengandung minyak berlebih seperti gorengan.

Puasa merupakan alternatif terbaik untuk menurunkan kadar Kolesterol seseorang, karena saat puasa pencernaan akan kosong sehingga kadar Kolesterol dapat diminimalisir dengan signifikan. Ada salah satu studi dimana puasa dapat berdampak baik untuk menurunkan kadar Kolesterol seseorang, yakni studi yang dimuat dalam American Journal of Applied Sciences tahun 2007. Studi tersebut dilakukan untuk mengevaluasi dampak puasa Ramadan terhadap profil lipid plasma dan glukosa serum pada sejumlah mahasiswa. Hasilnya, studi tersebut menemukan bahwa puasa Ramadhan terbukti bisa menurunkan kolesterol jahat (low density lipoprotein / LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (high density lipoprotein / HDL) dalam tubuh.

KESIMPULAN
Puasa pada dasarnya tidak hanya bersifat Ubudiyyah saja, lebih dari itu terdapat hikmah dan manfaat besar dibaliknya, bahkan sudah terbukti dengan berbagai penelitian yang  menyebutkan bahwa puasa mampu meredakan gejala bahkan menyembuhkan penyakit seseorang seperti Hipertensi, Diabetes, hingga Kolesterol.

Cukup banyak puasa yang dapat kita lakukan diluar puasa pada bulan Ramadhan sebagai terapi penyembuhan berbagai penyakit, seperti puasa senin & kamis, puasa Ayyamul Bidh, puasa Daud, dan beberapa puasa sunnah lainnya. Tentunya meskipun berpuasa, saat berbuka kita juga harus tetap menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan sewajarnya dan menghindari makanan yang dapat memicu terjadinya berbagai penyakit yang telah disebutkan diatas. Semoga Allah S.W.T senantiasa memberikan kesehatan kepada kita semua agar dimudahkan untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah S.W.T. Aamiin.

0 comments:

Post a Comment