October 16, 2020



Spirit Muslim. Mata air Zam-zam merupakan salah satu mata air yang memiliki banyak sekali berkah. Sejak zaman nabi Ibrahim a.s dan nabi Ismail a.s hingga saat ini keberkahan air suci ini tidak pernah habis, bahkan semakin banyak orang-orang yang Tabarrukan (mencari berkah) dengan meminum air Zam-zam ini. Jutaan orang atau bahkan milyaran orang telah mengambil air ini sejak zaman nabi Ibrahim a.s. hingga saat ini namun uniknya sumur Zam-zam tidak pernah kering.

Mata air Zam-zam ini merupakan mata air yang Allah S.W.T kirimkan melalui perantara malaikat Jibril dan nabi Ismail a.s, maka tidak mengherankan jika air Zam-zam memiliki banyak sekali berkah dan khasiat tersembunyi didalamnya dimana banyak sekali orang yang ingin meminumnya. Diantara berkah serta khasiat dari air Zam-zam adalah dapat mewujudkan keinginan peminumnya, mengobati berbagai penyakit, hingga dapat menjadikan seseorang lebih cerdas. Berikut penjelasan selengkapnya tentang berkah dan khasiat tersembunyi dibalik  mata air Zam-zam.


1. MEWUJUDKAN KEINGINAN SESUAI NIATNYA.


Air Zam-zam sejatinya merupakan air yang memiliki berkah yang begitu besar, salah satunya adalah mewujudkan keinginan bagi peminumnya. Kita dapat meminum air Zam-zam ini sebagai salah satu wasilah agar hajat serta keinginan kita bisa segera tercapai. Dari Jabir bin ‘Abdillah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَاءُ زَمْزَمَ، لِمَا شُرِبَ لَهُ

Artinya:
“Air zamzam itu sesuai dengan niat peminumnya”. (H.R. Ibnu Majah no. 3062).

Al-Allamah Zhafar Ahmad At-Tahanuwi, salah seorang ulama India (1394 H) bercerita bahwa beliau minum air Zam-zam pada saat haji untuk kebaikan dunianya, salah satunya adalah agar beliau bisa fasih dalam mengajar dan berkhotbah karena lidahnya agak pelat. Lalu beberapa saat setelah beliau meminum air Zam-zam, Allah S.W.T memberikan kefasihan kepada beliau dalam khotbah dan mengajar.


2. MEMBERIKAN RASA KENYANG


Pada umumnya jika kita meminum air secara berlebihan maka perut akan terasa kembung atau bahkan begah, namun lain halnya jika kita meminum air Zam-zam, selain rasa segar yang kita dapat, kita juga akan merasakan perut terasa lebih kenyang. Nabi S.A.W bersabda

وَعَنْ أَبِيْ الطُّفَيْلِ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُهُ يَقُوْلُ كُنَّا نُسَمِّيْهَا شَبَّاعَةً يَعْنِيْ زَمْزَمَ وَكُنَّا نَجِدُهَا نِعْمَ الْعَوْنُ عَلَى الْعِيَالِ

Artinya:
“Dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Saya mendengar Rasulullah bersabda,”Kami menyebut air Zam-Zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga menerima air Zam-Zam ialah sebaik-baik pinjaman (kebutuhan atas kemiskinanan).” (H.R. Tabrani. Lihat kitab Shahih Targhib wa Tarhib, al Albani, 2/19).


3. MENGOBATI BERBAGAI PENYAKIT.


Air Zam-zam merupakan berkah besar yang diberikan Allah S.W.T kepada umat Islam. Air terbaik yang bersumber dari dalam bumi tersebut nyatanya tidak hanya memberikan rasa segar dan kenyang saja, lebih dari itu juga dapat menjadi obat bagi orang yang meminumnya.  Terutama saat pandemi virus Covid-19 ini kita dapat meminumnya secara rutin sebagai salah satu wasilah agar kita terhindar dari berbagai penyakit dan virus berbahaya. Inilah salah satu keistimewaan air Zam-zam yang tidak dimiliki oleh air kebanyakan. Riwayat Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma yang statusnya marfu’ (perkataan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam) menyebutkan:

خَيْرُ مَاءٍ عَلَى وَجْهِ الْأَرْضِ مَاءُ زَمْزَمَ فِيهِ طَعَامٌ مِنَ الطُّعْمِ وَشِفَاءٌ مِنَ السُّقْمِ

Artinya:
“Air terbaik di seluruh permukaan bumi adalah air zam-zam, di dalamnya terdapat makanan (yang membangkitkan) selera, obat dari berbagai penyakit”. (H.R. Ath-Thabrani dalam Al-Mu’jam Al-Kabir 11/98).

Disebutkan dalam Silsilah Shahihah

كَانَ يَحْمِلُ مَاءَ زَمْزَمَ  فِيْ الأَدَاوِيْ وَالْقِرَبِ وَكَانَ يَصُبُّ عَلىَ الْمَرْضَى وَيَسْقِيهِمْ

Artinya:
“Rasululllah membawa air Zam-Zam di dalam kantong-kantong air. Beliau menuangkan dan membasuhkannya kepada orang yang sedang sakit." (Lihat kitab Silsilah Shahihah, 4/232)


4. MENJADIKAN SESEORANG CERDAS.


Salah satu khasiat serta manfaat dari minum air Zam-zam adalah mampu membuat peminumnya menjadi lebih cerdas, salah satu buktinya adalah kecerdasan Imam Syafi'i yang salah satunya berasal dari air Zam-zam. Dari Imam Syafi'i bahwa beliau minum air Zam-zam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau berkata: "Saya minum air zamzam untuk tiga hal: 1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, 2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, 3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak."

0 comments:

Post a Comment