May 21, 2020


Spirit MuslimKeberadaan umat Muslim yang kian hari kian bertambah membuat masjid-masjid didirikan diberbagai wilayah untuk memudahkan umat Muslim melaksanakan ibadah. Bahkan beberapa Masjid memiliki keunikan tersendiri untuk memberikan daya tarik bagi pengunjung Masjid, mulai dari segi arsitektur hingga desain unik yang dimiliki masjid tersebut. Berbicara mengenai desain Masjid, terdapat salah satu Masjid unik dimana Masjid tersebut tidak memiliki kubah melainkan hanya berbentuk persegi seperti layaknya Ka’bah di Makkah, Masjid tersebut bernama Masjid Ath-Thoyyibah yang terdapat di daerah Subang Jawa Barat.

Masjid yang berdiri di tanah seluas 2800 m persegi ini tepat berada di wilayah Desa Kalijati Timur, Kecamatan Kalijati, Kabupaten Subang, masjid ini memiliki bentuk sangat mirip dengan Ka’bah asli di Makkah, mulai dari lebar, luas, hingga tingginya pun di buat semirip mungkin. Bahkan disekitar Masjid tersebut dibangun juga beberapa replika layaknya bangunan di sekitar Ka’bah, seperti Maqam Ibarim, Hijr Ismail, hingga Hajar Aswad. Uniknya lagi didepan Masjid tersebut dibangun sebuah lokasi yang mirip dengan bukit Shafa dan Marwah lengkap dengan pohon Palem yang mengilustrasikan lokasi padang pasir.


Menurut Ketua DKM (Dewan Kemakmuran Masjid) Masjid Ath-Thoyyibah yakni Ustad Sayyid Kaliwon menuturkan bahwa masjid ini dibangun atas dasar keinginan sesepuh Kalijati yang ketika itu tengah melaksanakan umrah. Rasa rindunya terhadap Ka’bah membuat beliau berkeinginan untuk membangun masjid menyerupai Ka'bah di Makkah, hingga kemudian berdirilah masjid berbentuk Ka’bah ini. Kedepannya di lokasi ini akan dijadikan Islamic Center dengan berbagai macam kegiatan seperti manasik haji. Diharapkan dengan adanya masjid ini masyarakat dapat lebih meningkatkan ibadah shalat berjamaah dan terinspirasi untuk segera melaksanakan ibadah haji.

Beberapa pengunjung serta warga sekitar cukup takjub atas keberadaan Masjid unik ini, pasalnya dengan adanya Masjid berbentuk ka’bah ini selain mengingatkan seseorang akan Ka’bah juga sebagai sarana untuk mengetahui berbagai bangunan disekitar Ka’bah yang cukup bersejarah.

0 comments:

Post a Comment