April 03, 2020


Spirit Muslim. Saat bulan Ramadhan tiba, ngabuburit menjadi salah satu kegiatan yang sering dilakukan orang-orang untuk menanti berbuka puasa. Pada saat ngabuburit, banyak kegiatan yang dapat kita lakukan, mulai dari jalan-jalan hingga berburu kuliner untuk berbuka puasa. Seperti yang kita tahu, bahwa Indonesia memiliki beragam kuliner yang tersebar di seluruh penjuru nusantara, mulai dari jenis makanan berat, makanan ringan, hingga kudapan ada diseluruh daerah di Indonesia.


Berbicara mengenai kuliner saat ramadhan, ada beberapa destinasi yang dapat kita kunjungi untuk menikmati olahan kuliner diberbagai nusantara saat bulan Ramadhan tiba. Kita dapat menikmati berbagai macam kuliner khas dari masing-masing daerah tersebut. Apalagi saat Ramadhan tiba, para pedagang akan menyajikan berbagai macam olahan makanan khas daerah yang dapat kita jadikan  takjil saat berbuka puasa. Berikut beberapa destinasi wisata kuliner terbaik saat ramadhan tiba yang dapat kita kunjungi untuk berburu berbagai macam takjil serta makanan khas dari masing-masing daerah di Indonesia.


1. PASAR BENHIL, JAKARTA.


Pasar Benhil merupakan pasar yang terletak di Bendungan Hilir, Kelurahan Tanah Abang, Jakarta Pusat. Saat Ramadhan tiba pasar tersebut ramai dengan para penjual yang menjajakan berbagai olahan makanan, mulai dari makanan bercita rasa pedas, gurih, hingga manis tersedia di pasar ini. Sebut saja Pempek, ayam bakar, gudeg, risoles, tempe mendoan, kue lapis, hingga kolak dapat kita jumpai disini. Pasar Benhil buka mulai pukul 11.00 sampai 19.00 WIB.


2. LAPANGAN GASIBU, BANDUNG.


Salah satu pusat kuliner terbaik saat Ramadhan tiba adalah di lapangan Gasibu, Bandung. Saat bulan Ramadhan, tempat ini bertranformasi menjadi ikon wisata kuliner dan jajanan terbaik di Bandung. Pasalnya cukup banyak pedagang yang menjajakan makanannya di lokasi ini, mulai dari penjual cireng, brownies, surabi, hingga batagor berkumpul disini sehingga menjelang berbuka tiba lapangan Gasibu menjadi ramai oleh pengunjung yang akan membeli makanan sebagai takjil berbuka puasa.


3. PASAR BLAURAN, SURABAYA.


Saat berada di Surabaya, tidak ada salahnya berkunjung ke pasar Blauran. Tak terlalu jauh dari kawasan Tunjungan dan Mall BG Junction, dan Stasiun Pasar Turi, Pasar Blauran dapat dijangkau bagi pengendara mobil maupun motor. Saat bulan Ramadhan pasar ini ramai dikunjungi oleh para pemburu kuliner. Variasi menu buka puasa tersedia disini, mulai dari kue basah hingga makanan berat seperti bubur madura dan tiwul bisa kita temukan disini. Salah satu kuliner khas dari tempat ini adalah dawet Baluran, dawet ini memiliki variasi campuran yang berbeda dari dawet-dawet biasanya, yakni dawet, ketan hitam, mutiara, bubur putih, candil, santan, dan gula merah.


4. KAMPUNG KAUMAN, YOGYAKARTA.


Kampung Kauman merupakan salah satu perkampungan di Yogyakarta yang identik dengan kampung Islam. Kampung ini dirintis menjadi pasar sore sejak 1980-an. Pasar Sore Ramadan yang digelar di Kampung Kauman, Kota Yogyakarta, menjadi ajang wisata kuliner masyarakat yang ingin berburu jajanan takjil. Mereka berbelanja dan berwisata sembari menunggu waktu berbuka puasa alias ngabuburit. Sehigga tak mengherankan jika bulan Ramadhan tiba, kampung ini akan dipenuhi oleh warga sekitar yang hendak mencari hidangan untuk takjil berbuka puasa, seperti botok, kicak, kipo, dan juga berbagai jenis pepes.


5. KAMPUNG JAWA, DENPASAR.


Di Kampung Jawa Denpasar ada sebuah pasar yang hanya buka pada bulan Ramadhan tiba, pasar tersebut disebut “pasar kaget”, disebut demikian karena pasar ini hanya muncul saat bulan Ramadhan saja. Disini kita bisa menemukan berbagai olahan makanan untuk berbuka mulai dari makanan berat hingga ringan tersaji disini seperti kolak pisang, kacang ijo, cendol, serta makanan berat seperti lontong sayur.


6. SIMPANG LIMA DARUSSALAM, BANDA ACEH.


Aceh disebut juga dengan negeri serambi Makkah, maka tidak mengherankan ketika Ramadhan tiba suasana Islam sangat kental terasa di kota ini. Jika kita berada di kota ini saat Ramadhan, kita bisa menghabiskan waktu ngabuburit di Simpang Lima Darussalam. Disana kita dapat berburu bermacam kuliner khas Banda Aceh, seperti Kue Boi, Meuseukat Halua Breuh, Timpan, Boh Rom-Rom, hingga  Rujak Aceh.


7. PASAR PABUKOAN, PADANG.


Pasar ini merupakan pasar dadakan yang terdapat di depan balai kota Padang, oleh karenanya pasar ini hanya buka pada bulan Ramadhan saja. Banyak menu kuliner yang dapat kita nikmati disini saat Ramadhan tiba mulai dari Lamang Tapai, Bubur Kampiun, Lopis Sarabi dan berbagai kuliner khas Padang lainnya yang dapat kita temui disini.


8. PANTAI LOSARI, MAKASSAR.


Pantai Losari merupakan salah satu ikon kota Makassar yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Bahkan saat Ramadhan tiba, pantai ini tidak sepi dengan pengunjung. Pasalnya saat bulan Ramadhan, pantai ini menjadi salah satu destinasi kuliner Ramadhan. Varasi menu yang dijajakan penjual disini cukup bergam, mulai dari es palu butung, es pisang hijau, pisang epe, jalangkote, lumpia, hingga barongko dapat kita nikmati disini.

0 comments:

Post a Comment