March 23, 2020


Spirit Muslim. Wabah serta virus penyakit yang melanda dunia kini kian mengkhawatirkan. Berbagai virus serta penyakit baru kini semakin bertambah, mulai dari SARS, MERS, Ebola, hingga yang terkini virus Corona atau Covid-19 telah menelan korban dengan jumlah yang tidak sedikit. Sejatinya berbagai wabah serta virus penyakit tersebut merupakan ujian yang diturunkan Allah S.W.T sebagai salah satu bentuk pengingat bagi hambanya untuk senantiasa muhasabah diri atas segala kesalahan yang pernah diperbuat. Tidak hanya itu saja, kehadiran bala, wabah, serta berbagai virus penyakit yang melanda dunia harusnya menjadi pelajaran bagi setiap manusia dengan mengambil hikmah dari setiap kejadian yang diselipkan melalui kehadiran wabah dan virus penyakit tersebut.

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang bersedia terjangkit oleh wabah dan virus berbahaya, mereka sebisa mungkin akan menghindari serta mencegah agar virus tidak menjangkiti dirinya. Berbagai upaya dilakukan untuk menekan serta meminimalisir penyebaran virus, mulai dengan memakai masker hingga mencuci tangan secara teratur, namun satu hal yang tidak boleh dilewatkan adalah berdoa. Doa saat terjadi bala, wabah, serta virus peyakit menjadi salah satu bentuk ikhtiar seseorang dengan memohon pertolongan kepada Allah S.W.T. Karena sejatinya segala bala, cobaan, wabah, serta virus penyakit semua berada dalam kuasa Allah S.W.T. Cukup banyak doa yang dapat kita panjatkan saat terjadi bala, wabah, serta virus penyakit agar kita senantiasa mendapat perlindungan Allah S.W.T. Berikut doa-doa yang dapat kita baca.

DOA 1
KALIMAT

اَللهُمَّ ادْفَعْ عَنَّاالْغَلَآءَ وَالْبَلَآءَ وَالْوَبَآءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالْمُنْكَرَ وَالسُّيُوْفَ الْمُخْتَلِفَةَ وَالشَّدَآئِدَ وَالْمِحَنَ مَاظَهَرَ مِنْهَا وَمَابَطَنَ مِنْ بَلَدِنَا هَذَا خَاصَّةً وَمِنْ بَلْدَانِ الْمُسْلِمِيْنَ عَامَّةً اِنَّكَ عَلَى كُلِّى شَيْئٍ قَدِيْر

TRANSLITERASI
Allahummadfa’ ‘annal ghalaa’a wal balaa’a wal wabaa’a wal fakhsya’a wal munkara was suyuufal mukhtalifata wasy syadaaaaida wal mihan maa dzahara minhaa wa maa bathana min baladina haadzaa khasshata wa min buldaanil muslimiina ‘aammata innaka ‘alaa kulli syaiin qadiir

ARTI
“Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan hidup, penyakit-penyakit, wabah, perbuatan-perbuatan keji dan munkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun batin dari negeri kami ini pada khususnya dan dari seluruh negeri kaum muslimin pada umumnya, karena sesungguhnya engkau atas segala sesuatu adalah kuasa.”


DOA 2
KALIMAT

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

TRANSLITERASI
Bìsmìllaahìlladzii laa yadlurru ma’as mihii syai’un fìl ardhi wa laa fìs samaa’ì wa huwas samìì’ul ‘alììm.

ARTI
"Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudhorot). Dan Dia Maha Mendengar lagi Maja Mengetahui".


DOA 3
KALIMAT

اللّٰهُمَّ بِحَقِّ الْفَاتِحَةِ وَسِرِّ الْفَاتِحَةِ يَا فَارِجَ الْهَمِّ وَيَاكَاشِفَ الْغَمِّ، يَامَنْ لِعِبَادِهِ يَغْفِرُوَيَرْحَمُ، يَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَا اَللّٰهُ، وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحْمٰنُ وَيَادَافِعَ الْبَلَاءِ يَارَحِيْمُ وَ صَلَّى اللَّهُ وَسَلَّمَ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

TRANSLITERASI
Allahumma bahaqqil Faatihati Wasirril faatìhati Yaa Faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghamma, Yaa Man li ibaadihi yaghfìru wa yarham, Yaa dafì’al balaai Yaa Allah, wa Yaa dafì’al balaai Ya rahman, wa Yaa dafì’al balaai Yaa Rahiim.
wa shallallahu wa sallama ‘alaa khairi khalqihi, Sayyidina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa shahbihii ajma’ìn, Subhaana rabbika rabbil ‘izzatì amma yashifun, Wasalamun ‘alal mursaliin walhamdulillahi robbil ‘alamiin.


ARTI
“Dengan kebenaran Al-Fatihah karena rahasia Al-Fatihah yang sangat luar biasa. Manusia hendaknya percaya kepada Allah yang mampu membedah hati yang gelisah, menyingkap kebingungan karena Dialah dzat yang mengampuni dan mengasihi semua hambanya.”
“Karena Dia jugalah zat yang mampu menolak bala dari berbagai macam jenis bala. Semoga salam serta sholawat tercurah kepada Muhammad sebagai Rasullnya orang-orang mukmin dan para sahabatnya. Dan semoga keselamatan dilimpahkan kepada para Rasul Allah, serta segala puji bagi Tuhan semesta Alam.”


DOA 4
KALIMAT

الحمدُ للهِ الذي عافَانِي مِمَّا ابْتلاكَ به ، و فَضَّلَنِي على كَثيرٍ مِمَّنْ خلق تَفضِيلًا

TRANSLITERASI
Alhamdulillaahil ladzii Aafaanì mimmaa ibtalaaka bihi wa faddhalani alaa katsiirin mimma khalaqa tafdhiila

ARTI
“Segala puji bagi Allah yang telah memberikan keselamatan kepadaku dari bala’ (musibah atau penyakit) yang telah menimpamu serta Ia telah memberikan anugerah kepadaku atas kebanyakan makhluk yang telah Ia ciptakan.”

0 comments:

Post a Comment