//]]> DOA MUSTAJAB MALAM NISFU SYA'BAN - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

March 24, 2020


Spirit Muslim. Malam Nisfu Sya’ban menjadi salah satu malam mulia pada bulan Sya’ban. Pada malam Nisfu Sya’ban ini umat Muslim dianjurkan untuk mengamalkan membaca surat Yasin sebanyak 3 kali dengan niat untuk memohon panjang umur, keteguhan iman, serta kelancaran rezeki yang senantiasa berkah. Selain itu kita juga dianjurkan untuk membaca doa pada malam Nisfu Sya’ban, doa tersebut merupakan doa yang dibaca oleh Sayyid Utsman bin Yahya pada malam Nisfu Sya’ban tiba. Doa ini tertera dalam Kitab Maslakul Akyar karya Mufti Betawi Sayyid Utsman bin Yahya halaman 78-80. Dhamir mufrad pada doa ini dapat diganti menjadi dhamir jamak bila dibaca berjamaah.

Baca juga: Doa bulan Rajab yang mahsyur.

1. KALIMAT.

اللَهُمَّ يَا ذَا المَنِّ وَلَا يُمَنُّ عَلَيْكَ يَا ذَا الجَلَالِ وَالإِكْرَامِ يَا ذَا الطَوْلِ وَالإِنْعَامِ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ ظَهْرَ اللَّاجِيْنَ وَجَارَ المُسْتَجِيْرِيْنَ وَمَأْمَنَ الخَائِفِيْنَ
اللَهُمَّ إِنْ كُنْتَ كَتَبْتَنِي عِنْدَكَ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقِيًّا أَوْ مَحْرُومًا أَوْ مُقْتَرًّا عَلَيَّ فِي الرِزْقِ، فَامْحُ اللَّهُمَّ فِي أُمِّ الكِتَابِ شَقَاوَتِي وَحِرْمَانِي وَاقْتِتَارَ رِزْقِي، وَاكْتُبْنِي عِنْدَكَ سَعِيْدًا مَرْزُوْقًا مُوَفَّقًا لِلْخَيْرَاتِ فَإِنَّكَ قُلْتَ وَقَوْلُكَ الحَقُّ فِي كِتَابِكَ المُنْزَلِ عَلَى لِسَانِ نَبِيِّكَ المُرْسَلِ “يَمْحُو اللهُ مَا يَشَاءُ وَيُثْبِتُ وَعِنْدَهُ أُمُّ الكِتَابِ” وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالحَمْدُ لِلهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ


2. TRANSLITERASI.
Allahumma yaa dzal manni wa laa yumannu ‘alaika yaa dzal jalaali wal ikraami yaa dzat thauli wal in’aami laa ilaaha illa anta zhahral laajiina wa jaaral mustajiiriina wa ma’manal khaaifiina.
Allahumma in kunta katabtanii ‘indaka fii ummil kitaabi syaqiyyan au mahruuman au muqtarran ‘alayya fir rizqi, famhu allahumma fii ummil kitaabi syaqaawatii wa hirmaanii waq titaara rizqii, waktubnii ‘indaka sa’iidan marzuuqan muwaffaqan lilkhairaati fa innaka qulta wa qaulukal haqqu fii kitaabikal munzali ‘alaa lisaani nabiyyikal mursali “yamhullaahu maa yasyaau wa yutsbitu wa ‘indahu ummul kitaabi” wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallama wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

3. ARTI.
“Wahai Tuhanku yang maha pemberi, engkau tidak diberi. Wahai Tuhan pemilik kebesaran dan kemuliaan. Wahai Tuhan pemberi segala kekayaan dan segala nikmat. Tiada tuhan selain Engkau, kekuatan orang-orang yang meminta pertolongan, lindungan orang-orang yang mencari perlindungan, dan tempat aman orang-orang yang takut. 
Tuhanku, jika Kau mencatatku di sisi-Mu pada Lauh Mahfuzh sebagai orang celaka, sial, atau orang yang sempit rezeki, maka hapuskanlah di Lauh Mahfuzh kecelakaan, kesialan, dan kesempitan rezekiku. Catatlah aku di sisi-Mu sebagai orang yang mujur, murah rezeki, dan taufiq untuk berbuat kebaikan karena Engkau telah berkata–sementara perkataan-Mu adalah benar–di kitabmu yang diturunkan melalui ucapan Rasul utusan-Mu, ‘Allah menghapus dan menetapkan apa yang Ia kehendaki. Di sisi-Nya Lauh Mahfuzh.’ Semoga Allah memberikan shalawat kepada Sayyidina Muhammad SAW dan keluarga beserta para sahabatnya. Segala puji bagi Allah SWT.”

0 comments:

Post a Comment