February 23, 2020


Spirit Muslim. Keberadaan gunung-gunung di dunia merupakan salah satu dari sekian banyak kekuasaan Allah S.W.T yang diciptakan sebagai salah satu bentuk keseimbangan dunia. Disebutkan dalam surat An-Naba’ ayat 6-7 bahwa gunung-gunung berfungsi sebagai pasak, dikatakan demikian karena setelah melalui penelitian bertahun-tahun ternyata didalam gunung-gunung tersebut terdapat semacam “akar” yang berfungsi untuk meredam goncangan bumi.

Dari sekian banyak gunung yang tersebar di muka bumi, terdapat 4 gunung utama dan istimewa dalam sejarah peradaban Islam, beberapa diantaranya menjadi saksi bisu terhadap dakwah Rasulullah S.A.W. keempat gunung tersebut berada di wilayah Jazirah Arab yang tersebar di Makkah dan Madinah. Keempat gunung tersebut adalah Jabal Nur, Jabal Uhud, Jabal Tsur, dan Jabal Rahmah. Lantas seperti apa hikmah dan sejarah yang terkandung dalam keempat gunung mulia tersebut ? berikut penjelasan selengkapnya.

1. Jabal Nur.

Jabal Nur (جبل النور) merupakan salah satu gunung istimewa di Jazirah Arab berjarak kurang lebih 7 km dari Masjidil Haram. Salah satu area di Jabal Nur yang cukup bersejarah adalah keberadaan Gua Hira, sebuah gua kecil tempat Rasulullah S.A.W menerima wahyu pertama dari Allah S.W.T melalui perantara malaikat Jibril yakni turunnya surat Al-‘Alaq ayat 1-5.

Ketinggian puncak Jabal Nur kurang lebih 642 mDpl dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Di puncak Jabal Nur ini kita dapat melihat kota Makkah secara keseluruhan, dan waktu terbaik menikmati keindahan kota Makkah dari puncak ini adalah menjelang Maghrib.


2. Jabal Rahmah.

Jabal Rahmah (جبل الرحمة) adalah gunung tempat bertemunya nabi Adam dan siti Hawa untuk pertama kalinya sejak diturunkan Allah S.W.T dari surga. Jabal Rahmah berlokasi di Arafah berjarak sekitar 25 km di sebelah tenggara kota Makkah.

Untuk mencapai puncak Jabal Rahmah pengunjung bisa melaluinya dengan menaiki 168 buah anak tangga dengan waktu tempuh kurang lebih 15 menit karena memang ketinggian gunung ini hanya 70 m.

Di Jabal Rahmah juga terdapat sebuah monumen sebagai simbol pertemuan nabi Adam dan siti Hawa yang terbuat dari beton persegi empat dengan lebar kurang lebih 1,8 meter dan tingginya 8 meter.

Tidak seberapa jauh dari kaki gunung dan berdekatan dengan hamparan batu-batu besar terdapat masjid yang terbuka, dan menurut sejarah, di tempat ini pula Nabi Muhammad S.A.W pernah wukuf berkendaraan diatas untanya yang bernama Qush Waa’ dan masjid tersebut diberi nama Masjid Ash Shakh Raat.

Terdapat pula tapak batu disekitaran Jabal Rahmah. Pada jaman Rasulullah S.A.W, tapak batu ini berfungsi sebagai tempat wukuf di hari Arafah pada saat melaksanakan haji Wada’. Di tempat inilah kemudian Allah S.W.T menurunkan surat Al-Maidah ayat 3 kepada Rasulullah S.A.W.


3. Jabal Uhud.

Jabal Uhud (جبل الاحد) adalah gunung yang sangat mencintai dan dicintai Nabi Muhammad S.A.W. Oleh karenanya Setiap tahun gunung ini diziarahi oleh Nabi. Kebiasaan ini kemudian diteruskan oleh para Khalifah setelah Nabi wafat. sebagaimana diriwayatkan oleh Abu ‘Abas bin Jabr Al-Anshari (w. 34 H) secara marfu’ dan ditakhrij oleh imam Ahmad :

جَبَلُ أُحُدٍ يُحِبُّنَا وَنُحِبُّهُ وَهُوَ مِنْ جِبَالِ الْجَنَّةِ

Artinya:
“Gunung Uhud adalah gunung yang mencintai kita, dan kita pun mencintainya dan ia adalah salah satu dari gunung-gunung surga.” (Lihat: Kitab Fathul Bari).

Terletak di Kota Madinah, Jabal Uhud menjadi salah satu gunung yang dijanjikan kelak ada di surga. Tidak seperti pada umumnya gunung di Madinah, Jabal Uhud seperti sekelompok gunung yang tidak bersambungan dengan gunung yang lain. Karena itulah gunung ini disebut Jabal Uhud yang artinya “gunung menyendiri”.

Jabal Uhud merupakan salah satu gunung tempat pertempuran besar berlangsung antara umat Muslim dan kafir Quraisy pada 15 syawal 3 H yang menyebabkan 70 pasukan Muslim meninggal secara Syahid termasuk paman nabi yakni Hamzah bin Abdul Muthallib. Para syuhada yang meninggal akhirnya dimakamkan ditempat ini dan menjadi pemakaman para pejuang Islam yang syahid tersebut.


4. Jabal Tsur.

Jabal Tsur (جبل الثور)merupakan sebuah gunung kecil yang terletak di Makkah Arab Saudi. Gunung ini berwarna kemerah-merahan yang mengelilingi Gunung Uhud di belakangnya dari arah utara. Jabal Tsur merupakan batas kota Madinah sebelah utara, sekitar 8 kilometer dari Masjid Nabawi, atau kurang lebih 15 kilometer dari Gunung ‘Air. Batas kota Madinah adalah diantara Gunung ‘Air dan Gunung Tsur.

Jabal Tsur merupakan salah satu gunung yang terletak di Makkah dengan ketinggian 1405 mDpl. Jabal Tsur memiliki 3 puncak yang saling terhubung dan berdekatan dengan medan yang terjal dan berbatu. Untuk mencapai puncak diperlukan waktu kurang lebih 1 jam.

Di puncak Jabal Tsur terdapat gua Tsur dengan ukuran yang kecil dan sempit yang hanya mampu menampung 3 orang saja. Di gua Tsur inilah dulu Rasulullah S.A.W beserta Abu Bakar bersembunyi selama 3 hari dari kejaran kaum kafir Quraisy saat berhijrah dari Makkah ke Madinah.

Di bawah gua terdapat batu besar berbentuk kubah yang dapat dipakai untuk berteduh oleh sekitar 30 orang. Sebagian ahli sejarah memberi nama kubah itu sebagai Qubah Jibril AS.

0 comments:

Post a Comment