July 23, 2019


Spirit Muslim. Ular sejatinya merupakan hewan yang cukup buas dan mematikan bagi manusia dan beberapa makhluk hidup lain. Pasalnya beberapa ular telah terindikasi memiliki bisa yang cukup mematikan lawannya. Ular tidak hanya menakutkan di alam dunia saja, akan tetapi ular yang hidup di alam akhirat jauh lebih mengerikan dan menakutkan, ular-ular tersebut diperintahkan oleh Allah S.W.T untuk menyiksa orang-orang yang telah lalai menjalankan perintah Allah S.W.T. Ular-ular tersebut memiliki tugas sendiri-sendiri sesuai dengan dosa yang ditanggung oleh umat manusia.

Salah satu ular yang cukup mengerikan untuk menyiksa seseorang adalah Suja’ul Aqra/ Sujau Al-Aqra. Banyak informasi yang beredar bahwa Suja’ul Aqra adalah seekor ular yang menyiksa seseorang yang telah meninggalkan Shalat, akan tetapi bayak yang menyebut bahwa dalil tesebut tidaklah shahih.

Suja’ul aqra terdapat di dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari di dalam kitab shahihnya. Di dalam hadits, lafadznya adalah syuja’an aqra’, atau ular jantan aqra’. Tetapi di dalam hadits ini syuja’an aqra’ bukanlah penyiksa orang yang meninggalkan sholat, akan tetapi penyiksa orang yang tidak mau membayar zakat.

Dalam menjalankan tugasnya, Suja'ul Aqra tidak segan-segan untuk menyiksa orang-orang yang dengan sengaja melalaikan kewajibannya membayar zakat. Ia terkenal memiliki banyak sekali racun sampai-sampai kulit kepalanya rontok menampung racun-racun tersebut. Kelak Suja'ul Aqra akan mendatangi orang-orang tersebut dan mereka lari dikejar oleh ular tersebut dan disuruh untuk mengambil harta simpanannya didalam mulut ular tersebut, kemudian mereka memasukkan tangan mereka untuk mengambil harta tersebut lalu Suja'ul Aqra memakan mereka layaknya binatang jantan memakan makanannya.

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ – رضى الله عنه – قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – « مَنْ آتَاهُ اللَّهُ مَالاً ، فَلَمْ يُؤَدِّ زَكَاتَهُ مُثِّلَ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًا أَقْرَعَ ، لَهُ زَبِيبَتَانِ ، يُطَوَّقُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ ، ثُمَّ يَأْخُذُ بِلِهْزِمَتَيْهِ – يَعْنِى شِدْقَيْهِ – ثُمَّ يَقُولُ أَنَا مَالُكَ ، أَنَا كَنْزُكَ » ثُمَّ تَلاَ ( لاَ يَحْسِبَنَّ الَّذِينَ يَبْخَلُونَ ) الآيَةَ

Artinya:
“Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa diberi harta oleh Allah, lalu dia tidak menunaikan (kewajiban) zakatnya, pada hari kiamat hartanya dijadikan untuknya menjadi seekor ular jantan aqra’ (yang kulit kepalanya rontok karena dikepalanya terkumpul banyak racun), yang berbusa dua sudut mulutnya. Ular itu dikalungkan (di lehernya) pada hari kiamat. Ular itu memegang (atau menggigit tangan pemilik harta yang tidak berzakat tersebut) dengan kedua sudut mulutnya, lalu ular itu berkata,’Saya adalah hartamu, saya adalah simpananmu’. Kemudian beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam membaca (firman Allah ta’ala, QS. Ali Imran : 180): ’Sekali-kali janganlah orang-orang yang bakhil menyangka…dst’.” (HR. Bukhari II/508 no. 1338)



di dalam riwayat shahih Muslim disebutkan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

وَلاَ صَاحِبِ كَنْزٍ لاَ يَفْعَلُ فِيهِ حَقَّهُ إِلاَّ جَاءَ كَنْزُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ شُجَاعًا أَقْرَعَ يَتْبَعُهُ فَاتِحًا فَاهُ فَإِذَا أَتَاهُ فَرَّ مِنْهُ فَيُنَادِيهِ خُذْ كَنْزَكَ الَّذِى خَبَأْتَهُ فَأَنَا عَنْهُ غَنِىٌّ فَإِذَا رَأَى أَنْ لاَ بُدَّ مِنْهُ سَلَكَ يَدَهُ فِى فِيهِ فَيَقْضَمُهَا قَضْمَ الْفَحْلِ

Artinya:
“Tidaklah pemilik harta simpanan yang tidak melakukan haknya padanya (maksudnya tidak mengeluarkan zakatnya, pent), kecuali harta simpanannya akan datang pada hari kiamat sebagai seekor ular jantan aqra’ yang akan mengikutinya dengan membuka mulutnya. Jika ular itu mendatanginya, pemilik harta simpanan itu lari darinya. Lalu ular itu memanggilnya,“Ambillah harta simpananmu yang telah engkau sembunyikan! Aku tidak membutuhkannya.” Maka ketika pemilik harta itu melihat, bahwa dia tidak dapat menghindar darinya, dia memasukkan tangannya ke dalam mulut ular tersebut. Maka ular itu memakannya sebagaimana binatang jantan memakan makanannya.” (HR. Muslim II/684 no. 988).

Penjelasan hadits diatas sudah cukup jelas bahwa Suja’ul Aqra bukanlah ular yang menyiksa orang yang lalai dalam meninggalkan Shalat, akan tetapi Suja’ul Aqra adalah seekor ular yang akan menyiksa orang-orang yang enggan mengeluarkan zakat.

0 comments:

Post a Comment