August 10, 2017
1



Spirit Muslim. Dalam Islam telah disepakati bahwa memakai Tato hukumnya adalah Haram. Ini berkaitan dengan seseorang pada saat bersuci. Tato dapat menghalangi meresapnya air ke dalam tubuh yang digunakan untuk bersuci, baik pada saat Hadats besar maupun Hadats kecil.

Selain itu adanya Tato/Rajah pada dasarnya tidak ada manfaatnya sama sekali, bahkan dengan memakai Tato, seseorang acapkali dipandang sebelah mata oleh masyarakat, mulai dari anggapan kebiasaan seorang  preman berandal, penjudi, pemabuk, dan lain sebagainya yang dipandang negatif oleh masyarakat.

Baca juga: Penjelasan Rajah / Tato
Dari segi kesehatan, seperti dilansir info-kesehatan.net Bahaya kesehatan yang diakibatkan oleh Tato pun juga sangat besar, mulai dari alergi hingga infeksi virus HIV dan Hepatitis C. Sedangkan untuk menghilangkan tato sendiri seperti dilansir health.detik.com saat ini masih terbilang cukup mahal, untuk teknik laser kurang lebih dibanderol dengan  harga Rp. 100.000 per sentimeter persegi.

Baca juga: Bahaya tato bagi kesehatan

Namun kabar baik datang dari sebuah komunitas penggiat hapus Tato. Kini ada sebuah kegiatan hapus Tato yang diadakan oleh komunitas Gerak Bareng Community. Komunitas ini bergerak dalam bidang sosial masyarakat. Melalui program "Mobil Hijrah", komunitas ini memberikan layanan hapus Tato gratis bagi siapa saja yang berminat.


Selain program menghapus Tato, Koordinator Komunitas Gerak Bareng yakni Zaki atau biasa disapa Zaki Dispenser ini sekarang juga sedang menggalang dana untuk pengadaan alat penghapus Tato.

"Lebih dari 13 tahun saya berinteraksi dengan kawan-kawan jalanan dengan berbagai macam karakter manusia dan kebiasaannya. Sebagian mereka ada yang menggunakan Tato sebagai identitas diri dan eksistensi", Ungkap Zaki. Zaki juga mengatakan bahwa banyak pendapat dikalangan masyarakat jika Tato telah menjadi stigma negatif bagi seseorang. Tak jarang orang menyesal dan ingin menghapus Tato namun terkendala biaya yang mahal.

"Di mobil ini, hapus Tato gratis, syaratnya cuma satu, hafalan surat Ar-Rahman", Jelas Zaki.

"Syukur-syukur bisa satu Surat. Saat Tato tersebut dihapus, mereka harus membaca surat tersebut. Biar ingat kalau Allah kasih banyak nikmat", imbuhnya.

Dirinya juga mengatakan bahwa program ini sengaja dibuat untuk mereka yang ingin kembali lebih baik. Akhir pekan ini Zaki dan mobil Hijrah akan berkunjung ke Bandung untuk menjemput mereka yang ingin menghapus Tatonya.


"Banyak respon positif dari masyarakat, ribuan orang respon pingin ikut, tapi yang bisa kita tanganin baru 300 orang per gelombang", ungkap Zaki.

Menurutnya tidak ada jaminan pasti apakah orang yang ikut dalam program ini tidak akan membuat Tato lagi. Namun dirinya berkeyakinan bahwa dengan hafalan surat Ar-Rahman, komitmen untuk tidak membuat Tato lagi bisa dijaga. "Kalau baca ayat Ar-Rahman dan artinya pasti akan paham", tutur penggiat program ini.

Bagi yang ingin mendukung program ini, Zaki menjelaskan bahwa siapapun bisa berdonasi dengan mengisi data diri dan mentransfer ke nomor rekening yang tertera. Seluruh donasi yang terhimpun In Syaa Allah akan digunakan untuk pengadaan alat dan penunjang operasional program ini.

Untuk informasi program tersebut, bisa mengikuti Fanspagenya di halaman Bang Zaki. "Semoga dukungan teman-teman dalam mensupport program ini bernilai kebaikan dihadapan Allah", ungkap Zaki.

Subhanallah, semoga amal baik Zaki beserta rekan-rekannya dapat bermanfaat bagi orang-orang yang ingin berhijrah menuju jalan yang lebih lagi. Barakallah.

1 comments:

  1. Terima kasih telah berkunjung ke blog kami, dan ini adalah kunjungan balik.

    Kami mempersilakan konten blog kami dikutip sebagian (bukan seluruhnya) sebagai referensi. Asalkan dengan mencantumkan link aktif ke sumbernya.

    Salam hangat dari kami

    Admin info-kesehatan.net

    ReplyDelete