//]]> HUTAN TUMBUH DIBAWAH PADANG PASIR. PERTANDA KIAMAT KAH ? - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

May 01, 2017




Spirit Muslim. Gurun merupakan daerah yang menerima curah hujan yang sedikit dan dianggap memiliki kemampuan kecil untuk mendukung kehidupan, karena gurun merupakan tanah yang gersang, tandus dan kering. Namun ada hal menakjubkan yang terjadi di bumi ini. Sebuah padang pasir Maghribi di Maroko terdapat sebuah hutan yang berada di bawah tanah di tengah padang pasir. Bayangkan di tengah gersangnya padang pasir ternyata di bawahnya terdapat tanah yang ditumbuhi hutan serta pohon-pohon yang tumbuh dalam kegelapan di bawah padang pasir.

Baca juga: subhanallah, inilah penjelasan black hole dalam Al-Quran

Pada tahun 2012 salah satu penelitian telah menemukan fakta adanya jaringan dari sungai dan danau yang sangat besar dan luas dibawah gurun pasir Maghribi. Profesor Michael Petraglia dari University of Oxford melakukan penelitian di padang pasir di Semenanjung Arab yang pada akhirnya menemukan aktta ini. Dia menemukan fakta terbaru bahwa ternyata adanya gurun pasir yang gersang namun menyembunyikan jaringan sungai dan hutan yang luas di bawahnya.


Hal ini mengindikasikan bahwa daerah ini sebelumnya pernah dipenuhi dengan berbagai kehidupan, baik organisme maupun flora. Penelitian dan kajian ini telah di lakukan oleh pasukan observasi khusus sepanjang proses penelitian lebih lanjut tentang daerah ini, seperti yang dilaporkan laman University of Oxford yang memberi judul pada penelitian dan kajian itu sebagai "Scientists explore an ancient network of rivers and lakes in the Arabian Desert".


Profesor Petraglia turut melakukan penggalian dibawah gurun pasir tersebut untuk mengetahui penyebab keberadaan kehidupan di daerah itu pada ribuan tahun silam serta alasan mengapa kehidupan tersebut bisa lenyap lalu berganti menjadi daerah padang pasir gersang setelah sebelumnya memililiki kekayaan sumber air, populasi manusia, hewan, dan tumbuhan. Para ilmuwan mengatakan bahwa penemuan ini sangat penting untuk mengetahui hakikat kehidupan di gurun Maghribi Arab dan bagaimana proses berevolusinya kehidupan manusia di sana serta penyebab migrasi manusia dan hubungannya dengan iklim dan perubahannya.



Baca juga: Penjelasan Al-Quran tentang kobaran api di bawah laut

Sesungguhnya fakta ilmiah telah membuktikan bahwa di bawah gurun pasir Arab sebelumnya ditumbuhi oleh berbagai tumbuh-tumbuhan dengan sumber air yang terdapat disekitarnya. Para ilmuwan juga mencoba untuk memprediksikan masa depan wilayah tersebut.


Sebenarnya hal ini telah diberitakan oleh Rasulullah Sallallahu 'alaihi Wasallam. Rasulullah telah memberi peringatan mengenai fenomena tersebut dalam Sabdanya:

Dari Abu Hurairah Radhiallahu anhu bahwa Rasulullah S.A.W pernah bersabda :
“Kiamat tidak akan datang sehingga tanah Arab sekali lagi akan menjadi padang rumput dan sungai". (Diriwayatkan oleh Muslim (no hadis :157)

Imam an-Nawawi rahimahullah juga berpendapat mengenai makna "kembali menjadi penuh dengan tumbuhan dan sungai-sungai", Maknanya adalah "wallaahu a’lam sesungguhnya mereka meninggalkan dan enggan (mengurusnya), sehingga tanah tersebut terabaikan, tidak ditanami juga tidak disirami dengan air. Hal itu disebabkan oleh sedikitnya kaum pria, banyaknya peperangan, fitnah yang terus-menerus terjadi, dekatnya Kiamat, pendeknya cita-cita dan tidak adanya kesempatan dan perhatian untuk hal itu.”

Pendapat an-Nawawi rahimahullah dalam menjelaskan hadits ini perlu dipertimbangkan, karena tanah Arab adalah padang pasir yang tidak berair, sedikit tumbuhan, dan kebanyakan airnya berasal dari sumur juga air hujan, maka ketika tanah tersebut ditinggalkan, sementara pemiliknya tidak sempat untuk bercocok tanam, maka semua tumbuhannya akan mati dan tidak kembali menjadi hijau dengan rerumputan dan sungai-sungai, yang nampak jelas dari hadits tersebut bahwa negeri-negeri Arab akan dilimpahi dengan air yang banyak, sehingga menjadi beberapa sungai, tumbuh di atasnya berbagai macam tumbuhan sehingga menjadi padang rumput, kebun-kebun, dan hutan-hutan.

Baginda Rasulullah S.A.W telah membuktikan kebenaran hari Kiamat dengan fakta Ilmiah yang ditemukan oleh para ilmuwan setelah empat belas abad supaya menjadi bukti atas kebenaran Risalah yang dibawanya. Ini menunjukkan bahwasanya ilmu itu besumber dari Yang Esa, dan kebenaran juga berasal dari-Nya, yaitu Tuhan Yang Maha Esa. Adanya gerakan dan tindakan dari Muslim, akan terjadi jika di tangan kita ada kebenaran yang haq. Karena zaman ini adalah zaman yang segala sesuatunya tunduk melalui ilmu pengetahuan dan rasionalitas. Namun sejak awal, didalam islam ilmu pengetahuan akan tunduk kepada kebenaran Al-Quran. Maka benarlah apa yang telah difirmankan oleh Allah Ta'ala.: "Maka Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segala penjuru dunia dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?”. (Al-Fushilat: 53).

Dan adakah penemuan ini adalah pertanda kiamat semakin dekat ?. Wallahu'alam. Sesungguhnya semua itu merupakan kehendak sang Khaliq. Sebagai muslim yang beriman dan bertaqwa sudah selayaknya hal ini menjadi pelajaran bagi kita semua untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita serta sebagai bahan renungan atas kekuasaan Allah sang maha berkehendak dan berkuasa. Wallahua'lam.


0 comments:

Post a Comment