April 26, 2017




Spirit Muslim. Kitab Al-Quran yang ditulis ulang dengan cara yang unik sering kali mengundang decak kagum dari banyak orang. Bagaimana tidak, Al-Quran yang sejatinya merupakan kitab mulia tuntunan bagi umat Muslim di tulis ulang dengan berbagai cara yang unik dan menggugah hati bagi para pembacanya. Sebut saja Al-Quran yang terbuat dari sutera dan tinta emas berikut ini. Kali ini sebuah Al-Quran istimewa yang ditulis di atas kain sutera baru-baru ini menarik perhatian publik dunia.
Seorang seniman asal Azerbaijan berusia 33 tahun bernama Tunzale Memmedzade menyalin Al-Quran pada lembaran kain sutera transparan. Ini merupakan versi pertama di dunia dari kitab suci dengan bahan sutera.


Tunzale Memmedzade merupakan pelukis dan seniman dekoratif yang berkuliah di Universitas Marmara, Turki dengan jurusan sejarah seni. Dia memulai penulisan ulang Al-Qur'an setelah mendapat satu fakta bahwa Al-Quran dengan material sutera dan tinta emas belum pernah ada yang membuatnya. Berbekal dari hal itu, Memmedzade memulai penulisan ulang Al-Quran. Seluruh proses cetak kitab suci ini dilakukan Memmedzade dengan menulis ulang seluruh isi ayat Al-Quran secara manual menggunakan tangan, sehingga detail penulisannya benar-benar ia perhatikan.


Dilansir dari Mymodernnet, Memmedzade melakukan riset terlebih dahulu untuk mentransipkan Al-Quran yang disusunnya tersebut. Tidak main-main dengan karyanya Memmedzade menggunakan referensi Al-Quran yang dibuat oleh Diyanet dari Turkish Precidency Religion Affair (Departemen Kepresidenan Turki Urusan Agama) sebagai panduan dalam menulis. Ia menuliskan ayat-ayat Al-Qur'an dengan menggunakan tinta emas dan perak diatas sutera berukuran 28 x 33 cm. Ia menghabiskan kurang lebih 50 meter kain sutera hitam transparan untuk menyusun Al-Quran tersebut. Selain itu Memmedzade juga menghabiskan kurang lebih  3 liter kaleng tinta emas dan perak untuk menuliskan berbagai ayat Al-Quran tersebut. Dalam lembaran sutera hitam, Memmedzade menghabiskan waktu selama 3 tahun untuk menuliskan kembali 6.666 ayat Al-Qur'an. Selain menakjubkan, karya ini juga menampilkan kesabaran dan pengabdian sang seniman untuk menyelesaikan kitab suci umat Islam ini.


Subhanallah, setelah selesai hasil tulisan ulang Al-Quran dengan kombinasi antara sutera, tinta emas, dan perak ini terlihat sangat menawan dan membuat orang berdecak kagum yang melihatnya. Salinan Al-Quran di atas sutera ini juga mengingatkan kita bahwa Islam memiliki karya seni yang sangat luar biasa. Memmedzade juga menyatakan bahwa proyek ini merupakan masterpiece yang berhasil dibuat dan tidak melanggar hukum agama karena sutera menjadi bahan yang disebutkan dalam Al-Quran dan semua bahan pembuatannya terbuat dari bahan yang mulia.


0 comments:

Post a Comment