//]]> FAKTA DIBALIK PANASNYA API NERAKA - SPIRIT MUSLIM (SPIRUM)

July 31, 2017




Spirit Muslim. Sungguh meruginya seseorang jika pada akhirnya kelak ia akan tinggal di Neraka. Neraka menjadi tempat di akhirat yang telah dipersiapkan untuk mempertanggungjawabkan amal keburukan seseorang selama di dunia. Didalamnya manusia akan menjalani beragam siksaan pedih sebagai bentuk balasan atas amal buruk yang pernah dilakukannya.
Satu hal yang identik dengan neraka adalah keberadaan api. Panas yang begitu hebatnya akan membuat siksaan seseorang semakin pedih. Dalam hadits disebutkan bahwa bara api yang ada di dunia ini hanyalah bagaikan bunga api di neraka kelak.

Baca juga: Doa memohon keselamatan dunia dan akhirat bagian 1
Sungguh tidak terbayangkan jika tubuh yang renta ini akan luluh lantah karena panasnya api neraka yang begitu kuatnya. Berikut 6 fakta tak terelakkan dibalik panasnya api neraka yang sangat mengerikan itu.

1. PANASNYA 70 KALI LIPAT DARI API DUNIA.

Bisa dibayangkan betapa panasnya api yang ada didalam Neraka, api yang ada didunia saja sudah mampu membuat kita merasa kesakitan, bagaimana jika kita dilemparkan ke Neraka ? sedangkan api neraka tingkatan panasnya mencapai 70 kali lipat dari bara api didunia. Sungguh tak terbayangkan betapa pedihnya siksaan jika tubuh yang rapuh ini akhirnya tersiksa didalam neraka dengan panas yang begitu hebatnya. Api yang ada didunia saja jika terkena kulit pada tubuh kita tentu akan terasa menyiksa sekali, bagaimana pula jika api tersebut dilipatgandakan hingga 70 kali lalu menyambar tubuh ini. sungguh betapa pedihnya siksaan neraka tersebut.

Dijelaskan dalam hadits riwayat Bukhari Muslim dan Tirmidzi, Abu Hurairah r.a menyatakan bahwa Rasulullah S.A.W bersabda yang artinya, "Api yang biasa kalian nyalakan merupakan sebagian dari tujuh puluh bagian panasnya neraka jahannam".

"Yaa Rasulullah, demi Allah sungguh api dunia ini benar-benar cukup panas", ungkap para sahabat.

Nabi Muhammad S.A.W melanjutkan, "Tetapi sungguh api neraka jahannam enam puluh sembilan kali lebih panas dibandingkan api dunia". (H.R. Bukhari Muslim dan Tirmidzi).

2. PANAS API NERAKA MEMBUATNYA MENJADI HITAM DAN GELAP.

Begitu panasnya api yang ada didalam Neraka hingga membuatnya berwarna hitam kelam. Bisa kita bayangkan, api didunia yang berwarna kemerahan saja sudah sangat terasa panas, bagaimana jika api itu berwarna hitam karena panasnya yang begitu hebat. Masyaallah.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda


أُقِدَ عَلَ النَّارِ أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى احْمَرَّتْ ثُمَّ أُوْقِدَ عَلَيْهَا أَلْفَ سَنَةٍ ابْيَضَّتْ ثُمَّ أُوْقِدَ عَلَيْهَا أَلْفَ سَنَةٍ حَتَّى اسْوَدَّتْ فَهِيَ سَوْدَاءُ مُظْلِمَةٌ

Artinya:
"Neraka dinyalakan selama seribu tahun hingga tampak merah, lalu dinyalakan lagi selama seribu tahun sampai kelihatan putih, kemudian dinyalakan selama seribu tahun sehingga terlihat hitam. Hingga sekarang neraka itu hitam dan gelap". (H.R. Tirmidzi).

3. TINGGINYA GEJOLAK API NERAKA.

Api neraka menyala-nyala hingga bunga apinya mencapai tinggi hingga empat puluh tahun perjalanan. Abu Sa'id r.a menyatakan, nabi Muhammad bersabda "Sungguh tinggi gejolak api neraka itu empat buah tembok yang tebal-tebal. Tinggi masing-masing tembok seperti perjalanan empat puluh tahun". (H.R. Tirmidzi).

Subhanallah, dari hadits tersebut dapat kita gambarkan betapa luas dan dalamnya lubang neraka itu, bahkan saking dalamnya disebutkan bahwa gejolak bunga api neraka tingginya hanya dapat diukur setara dengan seseorang yang melakukan perjalanan selama 40 tahun. Jadi jangan harap bisa melarikan diri dari panasnya api neraka.
4. BUKIT API DI NERAKA.

Tahukah sahabat, tidak hanya di dunia saja terdapat bukit, namun di neraka pun juga terdapat bukit, bedanya jika bukit di dunia terbuat dari gundukan tanah sedangkan bukiti di neraka merupakan bukit yang terbuat dari api yang ada di neraka. Bukit ini dinamakan "Ash-Shu'ud", sebuah bukit yang akan dinaiki oleh orang-orang kafir.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda, "Ash-Shu'ud adalah sebuah bukit api. Orang kafir menaikinya selama 70 tahun, kemudian terjatuh dari atasnya. (Lalu naik lagi ke atas dan terjatuh lagi) demikian seterusnya". (H.R. Tirmidzi).

5. UAP PANAS API NERAKA YANG BERHEMBUS KE DUNIA.

Wahai sahabat, sesungguhnya kita telah merasakan panasnya uap dari api neraka di dunia ini, uap api neraka tersebut dihembuskan sebanyak dua kali, yakni pada saat musim panas dan pada saat musim dingin.

Nabi Muhammad S.A.W bersabda:


اِشْتَكَتِ النَّارُ إِلَى رَبِّهَا فَقَالّتْ يَا رَبِّ أَكَلَ بَعْضِيْ بَعْضًا فَأَذِنَ لَهَا بِنَفَسَيْنِ نَفَسٍ فِي الشَّتَاءِ وِ نَفَسٍ فِي الصَّوْفِ فَهُوَ أَشَدُّ مَا تَجِدُوْنَ مِنَ الْحَرِّ وَ أّشَدُّ مَا تَجِدُوْنَ مِنَ الزَّمْهَرِيْرِ

Artinya:
"Neraka mengadu kepada Tuhannya. 'Wahai Rabb, sebagian api dalam diriku saling memakan (membakar) sebagian yang lain (hal ini karena neraka masih kosong saat ini)'. Maka Allah mengizinkan untuk menghembuskan dua kali hembusan nafas (agar bisa mengeluarkan dua hembusan/hawa dari dalam neraka). Satu kali hembusan nafas pada musim dingin dan sekali hembusan lagi pada musim panas. Maka panas menyengat yang kallan rasakan adalah bagian dari hawa panas neraka, dan dingin yang menggigil yang kalian dapatkan adalah hawa dingin yang berasal dari neraka". (Hadits Shahih, H.R. Bukhari: 512, Muslim: 617, Ibnu Majjah: 4319, Ahmad: 7247).

Tentu kita sudah dapat merasakan betapa panas dan gerahnya tubuh kita saat musim panas tiba, tak lain itu hanyalah sedikit uap panas api neraka yang berhembus ke dunia ini. Belum lagi saat musim dingin tiba, suhu yang sangat dingin bahkan terkadang membuat tubuh kita tidak merasa dingin, namun justru saking dinginnya membuat kita seperti beku kesakitan.

6. SALAH SATU BENTUK API NERAKA.

Tahukah sahabat, ternyata api neraka juga memiliki bentuk. Salah satu bentuknya adalah menyerupai leher yang memiliki mata, telinga, dan dapat berbicara. ia tidak segan-segan untuk menarik dan menyiksa 3 golongan utama. Hal ini sesuai dengan hadits nabi Muhammad dalam riwayat Ahmad disebutkan:


يَخْرُجُ عُنُقٌ مِنَ النَّارِ يَتَكَلَّمُ يَقُوْلُ: وُكِّلْتُ الْيَوْمَ بِثَلَاثَةٍ بِكُلِّ جَبَّارٍ وَ بِمَنْ جَعَلَ مَعَ اللّهِ إِلَهًا آخَرَ وَ بِمَنْ قَتَلَ نَفْسًا بِغَيْرِ نَفْسٍ فَيَنْطَوِيَ عَلَيْهِمْ فَيَقْذِفُهُمْ فِيْ غَمَرَاتِ جَهَنَّمَ

Artinya:
"Akan keluar satu leher dari neraka yang berbicara: dia berkata 'aku diberi tugas hari ini (untuk mengambil) tiga golongan orang, setiap orang yang dzalim (berbuat sewenang-wenang), orang yang menjadikan sembahan lain selain Allah, dan orang yang membunuh satu jiwa tanpa (terbunuhnya) jiwa (lain). Lalu dia pun melahap mereka kemudian menjebloskan mereka kedalam genangan api neraka jahannam". (H.R. Ahmad).

Masyaallah. Sungguh begitu dahsyatnya keganasan api yang bersemayam di neraka. Bisa kita bayangkan bahwa api didunia yang terbilang cukup panas ternyata masih tidak ada tandingannya dengan panasnya api neraka yang telah Allah ciptakan bagi semua yang membangkang terhadap-Nya. Kita sudah mengetahui fakta tak terbantahkan mengenai api neraka tersebut, lantas apakah kita mau menjadi bahan bakar dan santapan lezat bagi api neraka itu ?, sudah barang tentu tidak ada yang mau menjadi salah satu penghuni neraka. Untuk itu mari kita sudahi berbagai kemaksiatan yang sering kita lakukan, mari kita memperbarui taubat kita kepada Allah S.W.T. Sungguh sangat beruntung orang-orang yang tetap teguh memegang iman dan Taqwa mereka di jalan Allah, karena Allah akan menjanjikan sebuah kenikmatan yang kekal kelak di surga. Subhanallah.

0 comments:

Post a Comment